CekFaktaManadoSulut

25 Jurnalis Menimba Ilmu Pelatihan Pre-Bunking Google News Initiative Bersama AJI Manado

×

25 Jurnalis Menimba Ilmu Pelatihan Pre-Bunking Google News Initiative Bersama AJI Manado

Sebarkan artikel ini

Manado, satubmr.com – Berkembangnya informasi palsu atau hoaks di media sosial, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado melibatkan sebanyak 25 jurnalis di Sulawesi Utara dalam Pelatihan Pre-Bunking Google News Initiative guna mencegah dan mengantisipasi.

Pelatihan pre-bunking ini disupport langsung Google News Initiative melalui AJI Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Swiss Bell, Kota Manado, Sabtu-Minggu (9-10/3/2024).

Ketua AJI Manado Fransiskus Marcelino Talokon mengungkapkan pre-bunking adalah salah satu proses dalam pemeriksaan fakta.

Selain pre-bunking juga dikenal istilah de-bunking, namun bedanya yaitu de-bunking merupakan teknik membongkar sebuah informasi tidak benar yang sudah terlanjur tersebar.

“Sementara pre-bunking adalah membangun pondasi pengetahuan masyarakat maupun jurnalis dalam membedakan informasi benar dan tidak (hoax),” ungkapnya.

Menurutnya pre-bunking adalah langkah preventif dalam memerangi informasi tidak benar yang tersebar di berbagai platform media sosial.

25 jurnalis yang ikut pelatihan diberi pengetahuan tentang teknik pencegahan, sebelum suatu informasi tidak benar menyebar. Mereka diajari teori pre-bunking, mis informasi dari masa ke masa, memetakan narasi mis informasi atau disinformasi bertema politik dan mal informasi.

Peserta juga mendapatkan materi tentang anatomi manipulasi informasi dan cara membuat konten pre-bunking.

“Harapan kami 25 jurnalis yang jadi peserta ini dapat membuat konten pre-bunking. Semoga ilmu itu juga dapat diaplikasikan dalam pekerjaannya.” tambah Talokon.

Ia berharap alumnus pelatihan pre-bunking dapat mendistribusikan pengetahuannya kepada sesama jurnalis di Sulawesi Utara.

“Apalagi tahun 2024 ini menjelang pilkada, kemungkinan banyak informasi tidak benar biasanya akan diproduksi dan tersebar di internet. Para jurnalis di Manado harus siap mencegah ataupun membongkar bila ada informasi menyesatkan,” harap Talokon.

Training pre-bunking dipandu langsung oleh dua trainer yakni Inggried Dwi Wedhas dan Fransiskus Marcelino Talokon. ir*