Bolmong

Sekwan Yarlis Hatam, Gagas Aplikasi Berbasis Website “Teman Dewan”

×

Sekwan Yarlis Hatam, Gagas Aplikasi Berbasis Website “Teman Dewan”

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG– Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Yarlis Awaludin Hatam gagas Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Kedewanan atau “Teman Dewan”

Inovasi aplikasi berbasis website ini resmi dilaunching Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit usai pelaksanaan upacara Hari Pahlawan, bertempat di Kantor Bupati Bolmong. Jumat, (10/11/2023).

Kata Sekretaris DPRD Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam bahwa, aplikasi Teman Dewan ini merupakan sebuah aplikasi berbasis website dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Bolmong terkait kinerja, penyerapan aspirasi serta pengaduan masyarakat.

Lanjut Yarlis, aplikasi ‘Teman Dewan’ dibuat guna meningkatkan kinerja DPRD Bolmong dalam menfasilitasi tugas dan fungsi pimpinan dan anggota untuk memudahkan penyerapan dan penyampaian aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bolmong.

Diaplikasi ‘Teman Dewan’ lanjutnya, terdiri dari website yang berisikan data dan informasi kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bolmong dengan alamat domain, Https:/dprd.bolmongkab.go.id

Selanjutnya ada e-RISALAH, kini risalah rapat tidak lagi dilakukan secara manual.

“Dengan e-Risalah ini, maka risalah rapat secara otomatis akan diterjemahkan dari suara menjadi teks,” ucapnya.

Selain itu, ada SIPA’DEW SPPD. Dia menjelaskan ini merupakan aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang dibuat secara digital untuk menghindari adanya tumpang tindih perjalanan dinas.

“Selain menghindari adanya tumpang tindih, perjalanan dinas, aplikasi ini juga memudahkan pelaporan hasil perjalanan dinas yang tentunya secara digital,” terangnya.

Selain itu juga ada SIKAWAN atau Sistem Informasi Kearsipan Dewan. Ini dirancang untuk memastikan semua arsip dapat terdokumentasi secara digital dengan baik.

“Ini juga menjadi sarana peminjaman arsip secara digital,” tutur Yarlis

Terdapat juga SIPROPEMPERDA atau Sistem Informasi Program Pembentukan Peraturan Daerah, dimana aplikasi tersebut mencakup seluruh kinerja Dewan yang terpublikasi dan terdokumentasi langkah demi langkah pelaksanaannya.

“Melalui sarana ini juga, masyarakat bisa secara langsung memberikan masukan serta saran dalam pelaksanaan Rancangan Peraturan Daerah atau Ranperda yang sedang berproses,” ucapnya lagi.

Terakhir adalah e-ASPIRASI. merupakan sarana online yang disediakan oleh Sekretariat Dewan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, pengaduan dan sebagainya.

Sementara itu, Bupati Limi Mokodompit di sela melaunching aplikasi tersebut, memberikan apresiasi terhadap upaya peningkatan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Bolmong.

Limi juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada Sekretaris DPRD Bolmong, Yarlis Awaluddin Hatam karena telah menggagas inovasi baru melalui aplikasi Teman Dewan.

“Harapannya aplikasi ini bisa mempermudah kinerja pimpinan dan anggota DPRD, mempermudah masyarakat mengontrol kinerja dan kinerja kedewanan serta mempermudah masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya,” singkat Limi.

Jhay Yambat