Sekda Kotamobagu Buka Sosialisasi Pengukuran IDSD Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU -Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Mokoginta membuka Sosialisasi Pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kota Kotamobagu tahun 2023, di Ruang Rapat Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Senin (27/11/2023).

Sekda Sofyan Mokoginta menyampaikan,
apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Dalam menyusun model pemetaan indeks daya saing daerah, yang diharapkan dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan prodduktivitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional,” ujarnya.

Baca Juga:   KIP Sulut Sambangi Data Center Pemkot Kotamobagu

Lebih jelas, Sofyan menjelaskan, untuk meningkatkan daya saing daerah, maka daerah harus bisa menciptakan sesuatu yang nantinya akan menjadi keunggulan, yang mempunyai nilai dan bisa menjadi keunggulan dibandingkan dengan daerah lain.

“Untuk mewujudkan ini, perlu ada upaya yang dilakukan secara bersama. Perlu kerja keras dari kita semua dengan sinergitas dan kolaborasi lintas sektoral untuk meningkatkan daya saing daerah,” ujarnya lagi.

Baca Juga:   Hari Peduli Sampah, Pemkot Rekomendasikan Ini

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan, ST ME menjelaskan, tujuan pelaksanaan sosialisasi untuk memberikan gambaran kondisi daya saing daerah dan faktor-faktor pendorong produktivitas yang membentuk daya saing daerah.

“Selain itu hasil Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) dapat dibandingkan dalam tataran nasional  dan internasional, serta dapat memberikan data dan informasi untuk rujukan dalam perumusan kebijakan, fasilitasi dan pembinaan daya saing daerah,” pungkasya.

Related Articles

Close