Bolsel

Pemuda Desa Tangagah Gelar Lomba Layang Layang

×

Pemuda Desa Tangagah Gelar Lomba Layang Layang

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLSEL– Sebanyak 24 peserta mengikuti lomba layang-layang yang digelar di Kampung, Desa Tangagah, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).Minggu (28/09/23)

Dalam lomba tersebut ketangkasan para pemain diuji dalam mengendalikan layangan mereka saat angin kencang dan batas waktu yang di berikan panitia.

Perlombaan yang diselenggarakan selama satu hari ini, menjadi daya tarik warga Desa Tangagah hingga berbondong-bondong datang untuk menonton keseruannya.

Dikatakan Firman Tahrun salah satu panitia penyelenggara, kegiatan tersebut digelar sebagai ajang silaturahmi serta melestarikan lomba tradisional yang hanya digelar saat musim angin kemarau.

“Alhamdulillah lumayan banyak yang antusias terhadap kegiatan tradisional ini, peserta hanya masyarakat Desa Tangagah, dari desa Tetangga juga ada yang mendaftar tapi kami akan buka di pendaftaran umum,” katanya

Ia mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut panitia memberikan penilaian khusus terhadap layang-layang yang diperlombakan.

“Untuk perlombaan kali ini panitia menilai layangan bebas dan tali layangan berukuran panjang 160 meter layangan yang dinyatakan juara yaitu layangan yang paling tinggi terbanya sesuai waktu yang panitia berikan,” jelas Firman

Selain itu, Kepala Desa Tangagah Owan Laselo mengatakan, sebagai Pemerintah Desa harus terus memberikan dukungan terhadap kegiatan positif yang digelar anak-anak muda.

“Atas nama Pemerintah Desa akan selalu senantiasa mensupport kegiatan anak-anak muda,” ucapnya.

Lanjut dia, saat ini keterlibatan anak-anak muda sangatlah diperlukan sebagai estafet dari seluruh aktivitas yang akan dilakukan di masyarakat.

“Anak muda sekarang harus serba bisa, serba aktif, siapa lagi nanti yang akan meneruskan kegiatan-kegiatan tradisional maupun kegiatan lainnya kalau bukan akan muda,” tandasnya.

Sekedar informasi untuk juara satu panitia menyediakan piagam penghargaan dan uang tunai sejumlah 200 ribu rupiah,” tambahnya serya mengatakan untuk menaikkan layangan peserta tiap grup terdiri dari 5 orang.


Ayub Posi