Pemkab Bolmong Launching Program Cadangan Pangan Pemerintah

SATUBMR.BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melaunching program bantuan sosial (Bansos) Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), bertempat di Desa Ibolian, tepatnya di Kantor Kecamatan Dumoga Tengah, Kamis.(13/04/2023).

Agenda itu pun sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa beras kepada 19.353 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diserhakan langsung Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

Dalam penyampaiannya, Limi mengatakan, kegiatan terselenggara berdasarkan undang-undang ayat 18 tahun 2012 tentang pangan yang dimana tertuang didalamnya yaitu mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan pemerintah, memantapkan kedaulatan pangan nasional, dengan diantaranya CPP tersebut.

Lanjut Limi, hal ini pun dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan atas ketersediaan pangan maupun gejolak harga atau keadaan darurat bencana.

Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM bersama Ny Iryanti Suleha Uswanas Mokodompit, saat disambut Camat Dumoga Tengah dan Forkopimca untuk menghadiri kegiatan launching program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), Desa Ibolian, tepatnya di Kantor Kecamatan Dumoga Tengah, Kamis 13 April 2023.

Sehingga itu, kata Limi, pemerintah dipandang perlu memberikan jaminan atas ketersediaan pangan.

“Terutama bagi masyarakat yang berpendapatan rendah dengan tujuan agar masyarakat penerima manfaat memiliki akses pangan melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah,” ucap Limi saat menyampaikan sambutannya.

Ia berharap, para penerima manfaat ini, bisa benar-benar didata dengan baik terutama masyarakat yang berhak menerima.

“Jadi, sasaran bantuan pemerintah yakni, mereka yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Baca Juga:   Jika Ada Unsur Ini, Perangkat Desa Harus Diganti

Limi menjelaskan, tujuan dari penyaluran bantuan CPP ini, tak lain untuk mengurangi beban masyarakat. Khususnya yang ada di Kabupaten Bolmong.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, saat menyerahkan bantuan sosial berupa beras kepada salah satu KPM Bolaang Mongondow, di Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah, Bolmong, Kamis 13 April 2023.

Apa lagi, kata Limi, di beberapa negara lagi krisis pangan. Namun, kita harus bersyukur Bolmong hingga hari memiliki ketersedia dan terjaga pangannya.

“Harus disyukuri, ketersediaan Sumber Daya Alam terutama di Kabupaten Bolmong melimpah ruah,” ungkapnya.

“Jadi kita nyaris tidak akan terjadi kelangkaan pangan,” sambungnya lagi.

Ia pun mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bisa manfaatkan lahan tidur dalam menanam.

“Ini bertujuan agar krisis pangan di Kabupaten Bolmong jauh dari kata kehidupan kita,” harap Limi.

Sementara untuk Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dirinya menekannkan agar memberikan perhatian penuh kepada pendamping, serta mengawasi kualitas beras yang disalurkan oleh Bulog.

Tak hanya itu, tapi harus juga melaporkan sejauh mana progres penyalurannya.

“Contohnya seperti bantuan yang diserahkan hari ini, yakni beras medium tetapi kualitasnya premium. Itu pesan saya, jadi tolong berikan beras yang benar-benar bagus,” pinta Limi.

Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, saat menyampaikan sambutan pemerintah daerah pada kegiatan launching program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah, Kamis 13 April 2023.

Baca Juga:   Ir Limi Mokodompit Membuka Kegiatan Ujian Kenaikan Pangkat

Selain itu untuk Dinas Sosial (Dinsos) untuk bisa memperhatikan dan melakukan pengecekan kembali kepada masyarakat yang datanya tidak ditemukan, tetapi masyarakat tersebut terdaftar kepada penerima manfaat.

“Ini harus dilakukan agar lebih memudahkan lagi mendistribusikan kepada 19.353 penerima manfaat, dan ini terbanyak se-Sulut, karena penerima beras terbesar itu di Bolmong,” jelas Limi.

Tak lupa juga, Limi juga meminta kepada Sub Direktur Perum Bulog Bolmong, agar dapat menyedikan cadangan beras berdasarkan petunjuk pelaksanaan dan jangan sampai terjadi kekurangan stok beras.

“Saya minta Bulog agar terus menjaga ketersediaan pangan ini sampai Idul Fitri 1444 Hijriah. Jangan sampai terjadi kelangkaan di pasaran dan jangan sampai ada lonjakan harga. Ingat ini pesan saya,”tegasnya.

“Sekalilagi, saya minta bantuan ini dilaksanakan dan tidak membebani penerima manfaat, termasuk menghindari adanya pungutan atau potongan,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, ia meminta kepada seluruh masyarakat terlebih para penerima manfaat, untuk bisa laporkan kepada dirinya, jika bantuan yang diterima tidak sesuai.

“Lapor ke saya, jika mulai dari segi jumlah maupun kualitas tak sesuai yang diterima,” tegasnya lagi.

Hadir dalam giat ini, Ketua TP-PKK Bolmong Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas, Dandim 1303/BM Letkol Inf Topan Angker, Ketua PN Kotamobagu Junita Beatrix Ma’i, Kapolres Bolmong, Kajari Kotamobagu, Bulog, Asisten II Pemkab Bolmong, serta pimpinan OPD dan Masyarakat setempat.

(Advertorial)

Related Articles

Close