Manado

Lolly berharap Pemilu Serentak 2024 semua Daerah tetap Kondusif

×

Lolly berharap Pemilu Serentak 2024 semua Daerah tetap Kondusif

Sebarkan artikel ini

MANADO- Bertempat di The Sentra Hotel Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara gelar Rapat Koordinasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, Minggu (19/02/20223) malam.

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty. Turut hadir Anggota Bawaslu RI Hariyono bersama rombongan, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut, Forkopimda Sulawesi Utara, Anggota Bawaslu Kabupaten Kota se-Sulut, Partai Politik, OKP, Ormas, Media Massa dan Pemantau Pemilu.

Yang menarik dari pembukaan Rakor, Anggota Bawaslu RI, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut saat membuka Rakor IKP ditandai dengan memainkan permainan Lato-lato yang tengah menjadi favorit masyarakat di Indonesia.

Saat sambutan, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam setiap Rakor IKP mengatakan, bahwa IKP menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan serentak. Selain itu, IKP merupakan upaya Bawaslu dalam proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran.

“Kami berharap, Pemilu serentak 2024 nanti semua daerah tetap kondusif. Tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis”. Ucap Lolly.

Lolly Suhenty selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Pengawasan, dan Partisipasi masyarakat ini menambahkan, isu terkait netralitas penyelenggara pemilu menjadi isu utama dari lima isu strategis yang terungkap dalam IKP 2024.

Lolly menilai polemik netralitas menjadi pengalaman penting dalam menjaga kemandirian dan profesionalitas dalam pelaksanaan tahapan pemilu kedepan.

Sekedar diketahui, Provinsi Sulawesi Utara sendiri masuk kategori provinsi dengan rawan tinggi dalam IKP. Sulut berada di Posisi kedua di bawah Jakarta dengan skor (88,95), sementara Sulawesi Utara (87,48), disusul Maluku Utara (84,86), Jawa Barat (77,04) dan Kalimantan Timur (77,04).(*)