Manado

Bawaslu Sulut Ikuti Kegiatan Dialog Publik Divisi Humas POLRI terkait Kerawanan Pemilu 2024

×

Bawaslu Sulut Ikuti Kegiatan Dialog Publik Divisi Humas POLRI terkait Kerawanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

MANADO- Bertempat di Ruang Tribrata Polda Sulawesi Utara, Anggota Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangellu bersama jajaran pejabat Polda Sulawesi Utara mengikuti secara daring kegiatan Dialog Publik yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri (Kamis, 26 Januari 2023) kemarin. Dialog publik kali ini mengambil tema “Menampik Berita Bohong, Ujaran Kebencian, Politik Identitas, Polarisasi Politik dan Sara Pada Pemilu 2024”.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen. Pol. Dedi Prasetyo. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan dialog publik ini antara lain Rahmat Bagja selaku ketua Bawaslu, Hasyim Asy’ari selaku Ketua KPU, Brigjen. Pol. Gatot Handoko selaku Karo Multimedia Divhumas Polri, Devie Rahmawati selaku dosen Hubungan Masyarakat Vokasi Universitas Indonesia dan Ninik Rahayu selaku Ketua Dewan Pers.

Dalam penyampaian materinya terkait Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu dalam Konteks Politik Identitas, Polarisasi Politik dan Isu SARA, Rahmat Bagja menekankan krusialnya proses pengawasan dalam tahapan kampanye termasuk didalamnya kampanye yang dilakukan dalam media sosial yang sangat mudah di akses oleh berbagai kalangan.

“Untuk optimalisasi proses pengawasan, kami dari Bawaslu mendorong keterlibatan masyarakat, kemudian membentuk dan optimalisasi gugus tugas pengawasan konten sosial media dan gugus tugas pengawasan pemberitaan dan iklan kampanye serta optimalisasi media sebagai alat edukasi, sumber berita benar untuk menangkal hoax” terang Bagja.

Turut hadir dalam kegiatan diaglog publik ini dari Ruang Tribrata Polda Sulut Ketua KPU Sulut, perwakilan Kesbangpol Sulut, mahasiswa dari perwakilan universitas di Manado serta pegiat media sosial. Setelah itu kegiatan dengan acara foto bersama para undangan.(*)