Terkini

Bawaslu Sulut Gelar Rakor Pengawasan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi dengan Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota

×

Bawaslu Sulut Gelar Rakor Pengawasan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi dengan Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota

Sebarkan artikel ini

MANADO- Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara gelar Rapat Koordinasi Kelembagaan Pengawasan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Pada Pemilihan Tahun 2024, bertempat di Swisbell Hotel Maleosan Manado, Jumat (20/01/2023)

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 20-21Januari 2023 dibuka resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh. Narasumber yang hadir Franditya Utomo TA Komisi II DPR RI dan Salman Saelangi, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Donny Rumagit, Awaluddin Umbola dan Zulkifli Densi didampingi oleh Kepala Bagian Pengawasan dan Humas, Anggray Sari Mokoginta serta Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota dan Kepala/Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan sambutan Ardiles Mewoh menyampaikan terkait pengawasan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi, kita harus punya hasil pengawasan yang komprehensif dan valid.

“Dalam melakukan tugas pengawasan bukan kita mencari kesalahan KPU tapi saling melengkapi, kami mengapresiasi Bawaslu Kabupaten/Kota dengan melakukan analisis data terkait penataan dapil untuk direkomendasikan kepada KPU Kabupaten/Kota ” ujar Ardiles.

Sebelumnya, Donny Rumagit selaku Kordinator Divisi SDM, Organisasi Bawaslu Sulut dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pengawasan penataan dapil dan alokasi kursi yang dilakukan oleh Bawaslu Kab/Kota di Sulawesi Utara.

“Ada beberapa Kab/Kota di Sulut yang bertambah alokasi kursinya disebabkan bertambahnya jumlah penduduk, seperti Tomohon. Ada pula kab/kota yang berubah penamaan dapil sesuai dengan PKPU 6 Tahun 2022 seperti Kota Manado”, tutup Donny.(*)