Advertorial

Limi Mokodompit Sambut Gubernur Sulut dan Peserta Porprov Dengan Bahasa Adat

×

Limi Mokodompit Sambut Gubernur Sulut dan Peserta Porprov Dengan Bahasa Adat

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) ke XI Tahun 2022. Senin(14/11/2022).


Opening Ceremony Porprov ke-XI Sulut tahun 2022 yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong tersebut turut dihadiri oleh ribuan atlet dari berbagai Cabang olahraga (Cabor), perwakilan dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulut.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri hampir seluruh kepala daerah yang ada di Sulawesi Utara.

Pembukaan berlangsung meriah serta diwarnai beberapa gabungan tarian adat Bolaang Mongondow atau tari (Motomu), serta penampilan marching band salah satu SMA Kota Tomohon dan Defile kontingen dari 15 daerah se-Sulut. Selain itu ribuan masyarakat juga hadir dalam menyaksikan pembukaan kegiatan tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Porprov Sulut 2022 ini untuk mendulang atlet terbaik daerah untuk pelaksanaan PON kedepan.

“Pekan olahraga provinsi ini kita jadikan batu loncatan untuk mencari atlet-atlet terbaik untuk persiapan diikutsertakan dalam PON kedepan. Target kita adalah medali emas di Pekan olahraga nasional nanti,” Ucap Gubernur.

Senada yang dikatakan Gubernur, ketua Koni Provinsi Sulut, Steven Kandouw menekankan terkait tugas dan tanggung jawab untuk memperbaiki perolehan medali di Pon berikutnya.

Steven juga mengapresiasi Pemkab Bolmong sebagai tuan rumah karena penyambutan Porprov Sulut 2022 sangat meriah bahkan lebih meriah dari kegiatan porprov sebelumnya.

“Terima kasih kepada kepala daerah karena telah menunjukan semangatnya untuk turut mensukseskan ajang ini, ini merupakan terbesar dari gelaran Porprov sebelumnya. Semoga Porprov ke-XI Sulut tahun 2022, bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik,” ucapnya.

Ditempat yang sama, dengan Bahasa adat Penjemputan, “Niondon Dega Kita Komintan” Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O. E Kandouw, kepala- kepala daerah, jajaran pengurus Koni serta kontingen 15 daerah.

“Terima kasih telah mempercayakan ajang Porprov Sulut di Kabupaten Bolmong,” kata Limi Mokodompit.

Dia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya ajang olahraga akbar di Kabupaten Bolmong ini tak lain merupakan ajang untuk seleksi maupun penjaringan atlet potensial.

“Ini merupakan ajang penjaringan atlet potensial se-Provinsi Sulut agar dapat berprestasi dan menjadi atlet profesional pada ajang yang lebih tinggi lagi,” kata Limi dalam membacakan laporannya.

Pembukaan kegiatan bergengsi itu, dilanjutkan dengan penyalaan obor api Porprov Kalsel sebagai tanda mulai dihelatnya ajang olahraga akbar Provinsi Sulut, dan lebih di meriahkan dengan perayaan kembang api di penghujung acaranya.

Perlu diketahui, pada helatan Porprov Sulut 2022 kali ini, sebanyak 32 Cabang Olahraga dipertandingkan, dan para atlet dari 15 Kabupaten dan Kota bakal memperebutkan 356 keping emas, kemudian, Perak 356 keping dan perunggu 900 keping.

(Advertorial)