Bolmong

Serap Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase

×

Serap Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG-Desa Abak Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow bangun drainase saluran air yang berada  di wilayah dusun II.

pembangunan yang dimulai pada bulan September ini di biayai menggunakan sumber anggaran Dana Desa Tahun 2022. untuk pekerja, menggunakan jasa masyarakat desa Abak itu sendiri.

Program pembangunan ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah desa.

Sesuai dengan aspirasi masyarakat bahwa program kegiatan pembangunan drainase ini memang sangat perlu untuk segera di lakukan karena menghadapi musim hujan di khawatirkan air akan meluap.

Selain untuk mencegah luapan air yang deras pembangunan drainase ini juga sebagai salah satu bentuk penataan ruang di wilayah Dusun 2 sehingga lingkungan sekitar lebih rapi dan tertata.

Kepala Desa Abak Hendra Makalunsenge mengatakan bahwa saluran drainase yang dibangun ini merupakan bagian penting dalam sistem pengaliran air, dimana drainase ini digunakan untuk mengalirkan resapan air hujan  yang menuju ke badan sungai terdekat di bawahnya.

Lanjut Sangadi, khusus wilayah ini, meskipun musim kemarau, wilayah ini tidak pernah kering karena bekas persawahan dan selain itu juga terdapat banyak mata air.