Advertorial

Pj Bupati Bolaang Mongondow Ikuti Zoom Meeting Dengan Mendagri

×

Pj Bupati Bolaang Mongondow Ikuti Zoom Meeting Dengan Mendagri

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit, mengikuti zoom meeting dengan Menteri Dalam Negeri di ruang kerja lantai 2 kantor Bupati, Senin (31/10/2022).

Acara tersebut membahas langkah kongkrit pengendalian inflasi daerah sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI dengan Kemendagri.

Bupati Bolmong Limi Mokodompit turut di dampingi Forkopimda, Kepala SKPD di lingkup Pemkab Bolmong.

Rapat dipimpin langsung Mendagri, Tito Karnavian secara virtual seraya meminta seluruh kepala daerah di Indonesia untuk bisa mengoptimalisasikan Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) dalam rangka mengendalikan inflasi yang terjadi saat ini.

“Pada pertemuan selanjutnya, saya harap pemerintah daerah mempresentasikan selama 10 menit tentang bagaimana pemerintah daerah menekan angka inflasi, supaya pemda lain bisa belajar dalam hal penanggulangan inflasi ini,” ucap Tito

Selain itu, Tito juga meminta Pemda untuk menjelaskan jika ada kendala dalam penanganan inflasi di daerahnya masing-masing.

Mendagri berpesan kepada kepala daerah untuk menjadikan isu inflasi sebagai isu prioritas supaya penanganannya dilakukan secara sungguh-sungguh, seperti saat menangani Pandemi Covid-19.

“Apabila kepala daerah tidak bisa menangani isu inflasi itu nanti kedepan para kepala daerah (penjabat) akan kita evaluasi dan kalau perlu bisa di ganti,” tegas Tito.

Tito menyebutkan, beberapa point yang harus jadi pedoman bagi pimpinan di daerah salah satunya mengoptimalkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar rapat rutin secara berkala dengan stakeholder yang ada di daerah minimal seminggu sekali.

“Tujuannya agar Pemda paham betul telah sampai kemana pengendalian inflasi di daerahnya supaya cepat kita atasi,” pungkas Mendagri. 

“Pemkab Bolmong sangat mendukung kegiatan ini sebagai upaya agar kepala daerah dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas harga, dan meningkatkan sektor pertanian sebagai kontribusi pergerakan pertumbuhan ekonomi,” ujar Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM.

Usai rakor tersebut Limi memimpin langsung rakor untuk tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow bersama jajaran Forkopimda serta beberapa pejabat kepala di lingkup pemkab Bolmong.

Advetorial