Kotamobagu

Masyarakat Minta Pjs Kades Bungko, Netral

×

Masyarakat Minta Pjs Kades Bungko, Netral

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.KOTAMOBAGU– Perhelatan pemilihan Kepala Desa di Kotamobagu tinggal menghitung hari, para calon dan simpatisan pun sudah ramai mencari dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Seperti yang ada di Desa Bungko Kecamatan Kota Kotamobagu Selatan juga sementara dalam proses tahapan pemilihan Kepala Desa. Namun akhir-akhir ini ada beberapa persoalan yang muncul ditengah meriahnya pesta demokrasi tersebut.

Pasalnya, menurut salah satu warga, justru penjabat sementara Kepala Desa Bungko justru dinilai tidak netral atau ada indikasi keberpihakan kepada salah satu calon.

Kata warga yang tidak ingin namanya dipublis, harusnya Pj Kepala Desa wajib menjaga keamanan serta ketertiban ditengah pesta demokrasi agar berjalan baik dan sukses, yang terjadi justru sebaliknya.

Lanjut warga, Pj Kepala Desa lewat komentarnya disalah satu postingan akun Facebook (Anton Paputungan) justru menyebutkan nomor salah satu calon. dan ini dinilai tidak netral dan seakan mengarahkan.

“Dikomentar tersebut, Pj Kepala Desa Safrudin Paputungan menyebutkan nomor salah satu calon yakni “02”,” Kata warga.

“Maaf utat2,adik boginalum minta ,tebak gambar siapa 3 orang yang duduk dibelakang 02 dengan 1 orang cewek  duduk di bendi/dokar/kereta kencana serta lokasi dimana itu?πŸ˜„πŸ˜†πŸ™ inbox dp jawaban klu benar kirim no rekening BRI πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ™πŸ™πŸ™” Tulis Safrudin Paputungan di Komentar Facebook.

“Sebagai Pj Kades, harusnya menjaga hal-hal yang demikian meskipun itu dianggap sepele,” Katanya lagi.

Labih lanjut Warga mengatakan, ada indikasi bahwa ada upaya dari Pj Kades agar Pilsang Desa Bungko tidak berjalan dengan aman agar pemerintah Kotamobagu menurunkan PJS selama 6 tahun.

“Saat ini masyarakat dari pendukung masing-masing dalam keadaan aman, jadi kami meminta kiranya Pj Kades agar menjaga ketertiban bukan justru sebaliknya.

Sementara itu, Pj Kades Bungko Safrudin Paputungan saat dijumpai dirumahnya mengatakan, saat ini situasi di Desa dalam keadaan aman. Adapun terkait komentar di Facebook itu hanya sebagai guyonan agar situasi menjadi ramai. Terkait dengan dirinya mengadakan Tebak-tebakan dan meminta nomor rekening itu juga benar. Tapi niatnya hanya main-main saja.

“Situasi di Desa saat ini aman, dan terkait dengan komentar di Facebook itu tidak ada niat apapun, itu semacam guyonan. Siapa bisa menebak orang yang ada di gambar tersebut, meski hanya 25 ribu akan dapat hadiah. Sekali lagi itu hanya guyon kepada teman-teman,” Terang Pj Kades.

Selain itu kata Paputungan, isu membenturkan kedua pendukung itu tidak benar, Lagi-lagi tugas saya adalah bagaimana agar pemilihan Kepala Desa ini berjalan dengan baik.

“Tidak ada niat untuk membenturkan agar saya menjadi PJS Kepala Desa, saya justru ingin mengajak agar tetap jaga kekeluargaan meski beda dalam pilihan,” Pungkasnya.

Disisi lain, Ketua BPD Desa Bungko Erik Paputungan saat ditemui mengatakan, secara kelembagaan, dirinya sudah melakukan himbauan kepada seluruh masyarakat, bahkan kepada Aparat dan perangkat agar menjaga netralitas agar tidak ada konflik yang terjadi di Desa.

Selain himbauan, nanti bersama anggota, dirinya akan membuat himbauan secara tertulis dan akan disebarkan kesemua elemen masyarakat.

“Tetap jaga keamanan dan ketertiban, pilihan boleh beda tapi persaudaraan diatas segalanya. Mari bersama kita sukseskan pemilihan kepala desa untuk menuju Desa Bungko yang lebih baik lagi,” Tutup Erik