Masyarakat Respon Positif Keberadaan PT CSTP di Kecamatan Lolayan

SATUBMR.BOLMONG-Keberadaan PT Citra Sarana Tambang Persada (CSTP) yang ingin berinvestasi di Desa Tanoyan Selatan Kecamatan Lolayan kabupaten Bolaang Mongondow mendapat respon positif dari Warga Masyarakat kecamatan Lolayan.

Pasalnya kehadiran PT CTSP yang bergerak di bidang pertambangan ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian di daerah khususnya kecamatan Lolayan dan Kabupaten Bolaang Mongondow pada umumnya. Apalagi saat ini masih dalam tahap pemulihan ekonomi pasca Covid 19 yang sudah 3 tahun melanda negeri ini.

Dengan kehadiran PT CTSP di harapkan dapat memberdayakan sumber daya alam dan sumber Manusia di sekitar wilayah lingkar tambang. Dan menurut informasi dari staf manajemen CTSP saat ini proses perijinan perusahan sementara berproses.

Kehadiran PT CTSP mendapat respon positif dari warga masyarakat kecamatan Lolayan. Karena bisa menguntungkan PAD daerah dan selain itu memiliki dampak positif terhadap warga khususnya yang tinggal di sekitar lokasi penambangan. Salah satunya adalah mengurangi angka pengangguran sebab lapangan kerja baru dibuka baik untuk posisi teknisi operasional maupun teknisi pendukung lainnya.

Selama ini sudah banyak pekerja tambang yang mengalami kecelakaan di lokasi PETI sehingga pihak yang bertanggung jawab tidak jelas, Nah jika benar PT CTSP akan berinvestasi di wilayah kecamatan Lolayan maka kami ini adalah solusi yang tepat agar tak ada lagi aktifitas PETI.

Baca Juga:   Panah Wayer Tertancap di Leher dan Dada

Selain itu kehadiran CTSP akan menciptakan lapangan kerja bagi warga, Intinya jika ada manfaatnya untuk daerah Bolaang Mongondow dan sepanjang perijinannya lengkap tak ada alasan untuk menolak siapapun yang mau berinvestasi di Bolmong, ” Ucap Rangga Pekerja tambang asal Lolayan

Rangga menambahkan selain membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, keberadaan perusahaan PT CTSP juga membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar. Apalagi melalui program CSR (coorporate social responsibility) telah membantu nadi kehidupan bagi masyarakat setempat.

“Sesuai pesan Pak Presiden Jokowi, bahwa investasi adalah aset untuk pemerintah daerah, Sehingga di di harapan segala proses perijinan tidak boleh di persulit, ” ketus Rangga.

“Proses perijinan PT CTSP sedang berproses dan dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Sebelumnya kami telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah kabupaten bolaang Mongondow hingga pemerintah desa dan pemerintah kecamatan Lolayan.

Baca Juga:   Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas Lantik 4 Ketua TP-PKK Passi Barat

Intinya PT CTSP akan membangun kemitraan dengan seluruh Stakeholder di wilayah setempat. Dan CTSP adalah perusahaan resmi bukan perusahaa ilegal dan saat ini sudah memiliki beberapa Gropu yang sementara beroperasi di daerah lain di Indonesia, ” Ujar Ayub salah satu staf CTSP.

Selanjutnya kata Ayub, Jika seluruh legalitas perusahaan sudah terpenuhi maka tahapan sosialisasi kewilayah lingkar tambang akan segera di lakukan. Dan dalam waktu dekat Badan Geologi Kementerian ESDM RI akan turun ke lokasi untuk meninjau langsung.

Kami tinggal melengkapi ijin yang sementara berproses di pusat, intinya perusahaan PT CTSP adalah perusahaan resmi yang taat aturan dan tidak mau tabrak aturan, Niat kami baik sehingga kami ingin membangun kemitraan dengan stakeholder di wilayah kabupaten bolaang Mongondow, ” Tutupnya.

Di ketahui Komisaris Utama (Komut) PT Citra Sarana Tambang Persada (CSTP), Djayadi Kusuma SH, telah melakukan kunjungan silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten Bolaang pada bulan Juni lalu dan di terima oleh Kadis PUPR Ir channy Wayong.

Tim

Related Articles

Close