Advertorial

Ir Limi Mokodompit Hadiri Upacara Ngaben Parisada Massal

×

Ir Limi Mokodompit Hadiri Upacara Ngaben Parisada Massal

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG-Pejabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, hadiri upacara Ngaben Parisada Massal, di Pura Dalem, Desa Werdhi Agung Selatan, Kecamatan Dumoga Utara, Jumat (2/9/2022).

Upacara ini diketahui, untuk mempercepat ragha sarira agar dapat kembali ke asalnya.

Bupati Limi Mokodompit dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama masyarakat Werdhi Agung Bersatu atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Sebagai pemerintah tentunya akan terus mendukung penuh kegiatan Ngaben massal yang dilaksanakan oleh umat Hindu Bolmong. Upacara Ngaben ini merupakan momen baik dan sakral sebagai penghormatan terakhir sekaligus wujud bakti umat Hindu kepada leluhur dan orang tua, kata Limi.

“Dari segi pendekatan kebudayaan, maka ritual Ngaben massal turut memperkaya corak kebudayaan di Kabupaten Bolmong. Sehingga saya berharap kepada saudara-saudaraku umat Hindu untuk terus untuk terus melestarikan kegiatan seperti ini,” terang Limi.

Dalam upacara ini lanjut Limi, selain sakral dan upacara keagamaan, kegiatan Ngaben ini juga mencerminkan kegotong-royongan, kekompakan, kebersamaan dan persatuan sesama umat dharma.

Bupati Limi mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk terus menjunjung tinggi toleransi nilai kebersamaan, dan kekeluargaan khususnya di dataran Dumoga Bersatu.

“Mari tetap kita jaga nilai kebersamaan, persatuan dan menjunjung tinggi toleransi antar sesama umat beragama khususnya di daerah dataran dumoga, juga sekaligus memperkenalkan kepada dunia bahwa miniatur indonesia ada di Kabupaten Bolaang mongondow,” tandas Limi.

(Advertorial)