Advertorial

Ir Limi Hadir Dalam Ritual Mandi Safar Warga Babo

×

Ir Limi Hadir Dalam Ritual Mandi Safar Warga Babo

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, hadir ritual mandi Safar yang digelar Warga Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolmong,

Tradisi ritual mandi Safar yang berlangsung di Pantai Babo, Rabu (21/9/2022) itu, adalah tradisi yang terus dilestarikan oleh Warga Babo bulan Shafar setiap tahun Hijriyah.

Terut hadir, Wakil ketua DPRD Sulhan Manggabarani, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Bolmong, Camat, Kepala Desa, serta masyarakat setempat.

Ketua Panitia Irawan Paputungan mengatakan, tradisi mandi Safar ini sudah menjadi salah satu kegiatan tahunan masyarakat. Selain sebagai agenda rutin setiap tahunnya, tradisi mandi Safar ini juga sudah masuk dalam Perdes.

“Ini sudah jadi agenda rutin kami masyarakat desa Babo, bahkan sudah masuk dalam Perdes,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit dalam sambutannya menyampaikan, dirinya sangat bangga atas digelarnya kegiatan ini.

“Mandi Safar hari ini tidak hanya untuk memperingati, merayakan, mendoakan yang bernuansa religius. Tetapi, ini merupakan suasana yang memberikan ruang bagi seluruh masyarakat, apalagi ini mengarah pada pariwisata,”kata Limi.

Dirinya mencontohkan, kalau di bali, ritwal orang bali sembahyang, justru itu menarik wisatawan.

“Kalau perlu kegiatan seperti ini bukan hanya kecil, tapi dibuat lagi lebih besar. Insya Allah kedepan kita akan buat lebih besar. Supaya menjadi destinasi wisata, destinasi religius,” tambah Limi.

Ini juga kata Limi, nanti ya menjadi kantong ekonomi baru bagi UKM. “Jadi pada saat kita melakukan kegiatan mandi Safar seperti ini, kita bisa melakukan kegiatan lainnya yang punya nilai ekonomi. Nilai kepariwisataan, sehingga daerah ini akan lebih maju,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Limi juga menyerahkan bantuan fasilitas untuk mendorong pariwisata di Desa Babo. Bantuan berupa 1 unit Speedboat dan 1 unit Banana Boat ini diserahkan ke Bumdes Desa Babo oleh Pj Bupati Limi Mokodompit didampingi Wakil Ketua DPRD Zulhan Manggabarani.

“Bantuan yang diserahkan ini untuk menopang sektor pariwisata Bolmong. Anggaran dari bantuan tersebut sebesar Rp 200 juta bersumber dari APBD,” ucapnya.

Menurut Limi Kabupaten Bolmong merupakan daerah yang kaya baik sektor pertanian maupun serta sektor pariwisata.

“Pemerintah mendukung dengan bantuan agar sektor pariwisata Bolmong juga semakin maju sehingga berkembangnya sektor pariwisata Bolmong juga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,”tutupnya

(Advertorial)