Ir Limi Tanam Vanili di Desa Otam

SATUBMR.BOLMONG– Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir Limi Mokodompit MM lakukan penanaman tanaman Vanili diperkebunan Desa Otam Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Ini juga merupakan program pengembangan komoditas unggulan yakni revitalisasi vanili organik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi Staf Khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit SE, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Ketahanan pangan, Camat Passi Barat, Camat Bilalang, Kepala Desa Otam, Kepala Desa BuludBulud serta masyarakat.

Selain melakukan penanaman, Bupati juga mengunjungi kebun Vanili yang berada ditempat yang sama. Diketahui kebun Vanili yang hampir 10 ribu pohon merupakan milik dari Kepala Desa Otam Idrus Mokodompit yang juga selalu orang yang kembali membudidayakan tanaman Vanili tersebut.

Usai menanam. kepada warga yang hadir, Ir Limi mengatakan, salah satu fokus pemerintah adalah dibidang pertanian. Untuk tanaman Vanili ini memang bukan tanaman yang baru, akan tetapi tanaman sudah jarang terdengar ditelinga masyarakat. Olehnya pemerintah akan menseriusi pengembangan tanaman ini.

Baca Juga:   Pj Bupati Bolmong Sholat Idul Adha di Kampung Halaman

Lanjut Ir Limi, lewat dinas terkait. Pemerintah akan menjadikan Desa Otam sebagai Desa penakaran tanaman Vanili agar kedepan masyarakat bukan hanya mendapat pengahasilan dari hasil panen akan tetapi juga dari hasil penjualan bibit.

“Jadi nantinya ada 2 penghasilan, hasil penjualan buah dan juga hasil penjualan bibit,” Ucap Bupati.

Selain itu, Lewat penakaran bibit kemudian dijual, Kabupaten Bolaang Mongondow akan lebih dikenal karena saat ini sudah ada dari luar daerah yang mencari bibit vanili. Dan di Otam sendiri sudah ada dari daerah tetangga yang datang membeli bibit untuk ditanam didaerah mereka.

Baca Juga:   Pj Bupati Bolmong Sholat Idul Adha di Kampung Halaman

Lanjut Bupati, Dalam waktu Dekat, pemerintah akan mengatur waktu untuk mendatangkan tenaga penyuluh untuk mengadakan workshop terkait tanaman vanili.

“Dalam urusan pertanian, tentunya pemerintah akan sangat mendukung,apapun itu,” Tegas Bupati.

Tentunya tambah Bupati, jika bidang pertanian maju, semua tanaman ditanam, baik tanaman tahunan dan tanaman bulanan pasti ketahanan pangan di Kabupaten Bolaang Mongondow akan tetap terpenuhi.

Selain melakukan kegiatan penanaman Vanili, Bupati juga menghadiri kegiatan sosialisasi Perdes digedung pelatihan masyarakat dan juga hadir di kegiatan Pemuda Milenial Cup dan menyaksikan jalannya pertandingan sepak bola antara Matuari FC Desa Poppo dan Moyag FC.

Advetorial

Related Articles

Close