Kesra Bolmut Akan Launching Aplikasi SIABAS

SATUBMR.BOLMUT– Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Hibah dan Bantuan Sosial (SIABAS). Aplikasi ini merupakan output dari pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan kepemimpinan Administrator angkatan I Tahun 2022, di Puslatbang KMP LAN Makasar. 

Hal ini dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Bolmut Syarif Monti S.Pd.I saat ditemui media ini, Jumat (29/7/2022).

Kabag Kesra mengatakan, pekan depan Kesra Bolmut akan meluncurkan aplikasi SIABAS, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan semua pemohon Hibah dan Bansos untuk tidak perlu lagi bertemu dan berhadap-hadapan dengan birokrat di kantor. 

Baca Juga:   Dari Pemda Bolmut Untuk Masyarakat Bolsel

“Misal ada masyarakat yang dari Kecamatan Sangkub untuk melakukan pegurusan Hibah, tidak perlu lagi harus ke kantor, sudah bisa lewat online,” kata Syarif. 

Lanjutnya, begitu juga dengan Mahasiswa yang ada di luar daerah Bolmut, yang mendapatkan bantuan beasiswa akhir studi, tidak harus pulang di Bolmut untuk mengantar berkas, semuanya sudah bisa lewat aplikasi SIABAS, dan syarat utamanya sudah memiliki email. 

“Intinya aplikasi SIABAS ini untuk memudahkan kepada masyarakat Bolmut yang memperoleh bantuan Hibah dan Bansos,” ujarnya. 

Syarif juga mengatakan, itu baru target jangka pendek dan untuk target jangka panjangnnya, semua Hibah dan Bansos yang dikelolah oleh semua SKPD, semua muaranya ke aplikasi ini, jadi sudah tidak lagi berhadapan dengan Birokrat kantor. 

Baca Juga:   Dari Pemda Bolmut Untuk Masyarakat Bolsel

“Mudah-mudahan dengan adanya sistem ini, bisa terintegrasi dan tertib. Terpenting laporan dari penggunaan Hibah dan Bansos harus bisa kita peroleh secara baik, sebagai pertanggungjawaban penerima,” tuturnya. 

Ditambahkannya pula, ini akan dilakukan tahapan sosialisasi, dan Aplikasi ini juga bisa diakses dihalaman google melalui link (Siabas.kesra.bolmutkab.go.id). 

“Tapi untuk saat sekarang linknya belum bisa dibuka, karena belum di upload. Insya Allah setelah di launching linknya sudah bisa diakses,” tutup Syarif Monti. 

Ilyas 

Related Articles

Close