Bolmong

Kabupaten Bolmong Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

×

Kabupaten Bolmong Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLMONG-Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memberikan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022. kepada Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Penghargaan KLA yang diterima Pemkab Bolmong itu kategori Pratama pada puncak acara penghargaan KLA yang digelar secara Hybird, Jumat 22 Juli 2022.

Penganugeraan itu bertempat dirumah dinas bupati, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Asisten III Ashari Sugeha, Kadis P3A Farida Mooduto, Kadis Perpustakaan Sumarni Bonde, Kadis KB I Ketut Kolak, Kadis Perumahan dan Permukiman Hendra Hamim, Camat serta forum anak kecamatan dan daerah.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang memberikan apresiasi atas kerja Dinas PPPA, Bappeda dan Intansi terkait lainnya, sehingga Kabupaten Bolmong mencapai dengan mendapatkan penghargaan KLA dengan kategori Pratama.

“Semoga ini bisa ditingkatkan untuk di tahun yang akan datang. Ini baru penghargaan Pratama. Kita masih punya target untuk kategori ke depan,” kata Sekda Bolmong Tahlis Gallang.

Ia menambahkan, penghargaan yang diterima ini  jadi motivasi dan dijaga.

“Tidak boleh langsung puas, ada berbagai macam persoalan yang harus kita perbaiki di tahun yang akan datang,” pintahnya.

Ia mengatakan gugus tugas yang ada baik dari dinas PPPA dan Bappeda sudah mengetahui, mengevaluasi dan kita perlu penguatan pada aspek mana.

Keuntungan dengan predikat ini lanjutnya, menandakan kepedulian kita terhadap perlindungan anak di Kabupaten Bolmong sudah tinggi. Dengan seperti itu, proses dalam pelibatan anak dalam setiap kegiatan pembangunan di daerah pasti akan lebih proaktif lagi.

Selain itu, menjamin masa depan mereka terutama yang terkait dengan kebutuhan dasar bagi anak – anak. Baik dibidang kesehatan dan dibidang pendidikan.

Kadis PPPA Farida Mooduto, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diraih.

“Hasil yang didapat berkat dukungan dan kerja kita bersama. Saya berharap ke depan sinergitas ini akan terus ditingkatkan serta apa yang kita harapkan akan lebih baik lagi,” katanya.

Sebelumnya Menteri KPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawanti menyampaikan, pemberian KLA ini diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Ia menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja, pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan, pada akhirnya diberikan lima kategori yaitu pratama, madya, utama dan KLA.

Ia pun memberikan apresiasi, dengan kerja yang luar biasa oleh pimpinan daerah sehingga pada malam hari ini dilakukan penganugerahan KLA, bagi kabupaten kota yang mendapatkan predikat walau masih pratama.

“Itu upaya yang luar biasa yang patut kami berikan apresiasi, terkait upaya yang sudah dilakukan oleh pimpinan daerah yang bapak ibu sudah lakukan sehingga mendapatkan predikat tersebut,” jelas Menteri.