DPRD Kotamobagu RDP Dengan Kesra dan Kemenag Terkait Keberangkatan Jamaah Haji

SATUBMR, KOTAMOBAGU-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kementrian Agama (Kemenag) Kotamobagu, bertempat di ruang Komisi I, Selasa (21/06/2022).

Tujuan RDP tersebut, memastikan kesiapan, serta kelancaran keberangkatan jemaah haji Kota Kotamobagu. Dimana rencana keberangkatan akan dilaksanakan pada Minggu, (26/6/2022) nanti.

“Saat ini, semuanya sudah dalam kondisi siap. Secara teknis dari Kemenag sudah siap, sementara bagian Kesra juga sudah menyiapkan seluruh kelengkapan keberangkatan jemaah. Nantinya, pada Kamis, (23/6/2022) wali kota akan melakukan pelepasan jemaah haji,” kata Anggota Komisi I DPRD Kotamobagu, Eka Masoeri.

Yang paling utama dalam keberangkatan jemaah haji ini adalah, kesehatan jemaah itu sendiri. Pada (27/6/2022) nanti, jemaah haji dari Kotamobagu akan melakukan tes PCR Covid-19 di asrama haji Tuminting.

Baca Juga:   Perdana, Agung Adati Tampil di Paripurna DPRD

“Kami dari Komisi I DRRD Kotamobagu, memberikan saran kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, agar pada saat pelepasan jemaah haji oleh wali kota nanti, Dinas Kesehatan melakukan tes antigen lebih awal. Hal ini guna mendeteksi kondisi kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19, agar kondisi setiap jemaah haji dari Kotamobagu sudah bisa terdeteksi lebih awal,” kata Eka.

Menurutnya, saran dari Komisi I tersebut, bagian Kesra harus menyurat ke Dinas Kesehatan, sebagai pelaksana tes antigen kepada semua jemaah haji Kotamobagu.

Selain itu, komisi I juga berharap agar semua jemaah haji dapat diberangkatkan, untuk itu semua jemaah harus menjaga kesehatan, agar nantinya tidak ada kendala dalam pemberangkatan hanya karena masalah Covid-19.

“Harapannya, mereka harus tetap menjaga kesehatan, karena kesehatan sangat penting. Serta diharapkan keberangkatan tahun ini menjadi tolak ukur untuk penilaian kuota jemaah haji pada tahun berikutnya,” ucap Eka.

Baca Juga:   Politisi PAN Johanna Pelafu Ucapkan Terima Kasih

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Kemenag Kotamobagu, Syahran Noor mengatakan di Provinsi Sulawesi Utara, Kotamobagu urutan kedua jemaah haji terbanyak setelah Kota Manado.

“Alahamdulillah kita kedua terbanyak setelah Kota Manado. Jemaah haji Kotamobagu sebanyak 74 jemaah, terdiri dari 29 laki-laki, dan 45 jemaah perempuan,” kata Plt Kepala Kantor Kemenag Kotamobagu, Syahran Noor.

Ia berharap, pelaksanaan jemaah haji tahun ini berhasil, agar di tahun berikutnya Kotamobagu bisa menambah kuota jemaah.

“Insyaallah tahun ini semua jemaah bisa berangkat. Dan semoga semuanya sehat, serta bisa melaksanakan ibadah haji sampai haji mabrur. Semoga tahun depan kuota yang sebenarnya bisa tercapai. Karena pandemi tahun ini kuota dikurnagi, insyaallah tahun depan akan dikembalikan seperti kuota sebelumnya,” kata Syahran.

Advertorial

Related Articles

Close