Pansus LKPJ DRPD Bolsel Gelar Evaluasi Kinerja OPD

SATUBMR,BOLSEL– Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD tahun 2021, mulai melakukan evalusi terhadap beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Senin, (11/04/2022).

Diketahui, pembahasan ini belum dilakukan secara keseluruhan lantaran dilakukan secara terjadwal. Khusus hari ini evaluasi dilakukan terhadap Empat OPD, yakni Bapelitbangda, BPPKAD, Inspektorat dan Dinas Pertanian.

Ketua Pansus DPRD Bolsel, Zulkarnain Kamaru mengatakan, dalam kerjanya saat ini, pihaknya tidak dalam posisi membahas masalah anggaran, namun fokus dalam mengukur kinerja OPD dengan menyesuaikan dengan visi-misi Bupati dan wakil Bupati.

“Tujuan pembahasan oleh pansus ini kan melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan tahun sebelumnya. Kita mempertanyakan kinerja dari masing-masing OPD sudah sejauh mana melaksanakan program prioritas Bupati dan wakil bupati, targetnya sudah sampai berapa persen,” ungkap politisi PDIP ini, disela-sela pembahasan bersama OPD.

Zulkarnain menambahkan, dari empat dinas yang dievaluasi hari ini rata-rata terkendala di masalah penganggaran.

“Kendalanya di masalah penganggaran karena ketersedian anggaran di masing-masing dinas terkendala oleh covid-19,” ujarnya.

Diakhir wawancara, Kamaru menyampaikan bahwa pihaknya bukan memeriksa bukan juga mempertanyakan hasil audit BPK. Namun sebagai lembaga legislatif sudah menjadi kewajiban untuk melakukan pembahasan evaluasi ini.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 7 hari. Dalam 1 hari ini bisa 4 sampai 5 Dinas/Badan. Jadi bukan kita memeriksa, bukan mempertanyakan hasil audit BPK, tapi kami sebagai lembaga legislatif berkewajiban mengevalusi langsung yang dilaksnakan oleh dinas terkait,” pungkasnya.

Advetorial

Related Articles

Close