Hadir di Perayaan Dharma Santi, Bupati Yasti: Umat Hindu Bisa Menjaga Kerukunan

SATUBMR,BOLMONG- Bupati Bolaang Mongondow Dra Yasti Supredjo Mokoagow hadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 yang diselenggarakan oleh Parisade Hindu Dharma Kabupaten Bolaang Mongondow, kegiatan ini dilaksanakan di Bale Banjar, Desa Mopuya Selatan Dua, Kecamatan Dumoga Utara. Jumat (01/04/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Yasti menyampaikan atas nama pribadi dan keluarga serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, kepada saudara umat Hindu.

Bupati Yasti mengapresiasi Umat Hindu, karena ditengah-tengah kemajemukan masyarakat Bolmong yang terdiri dari berbagai agama dan suku, umat Hindu mampu menjaga kerukunan beragama dan bermasyarakat.

“Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 kepada seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ucap Bupati

Lanjut Bupati, Beberapa waktu lalu, umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 dengan melaksanakan rangkaian catur brata penyepian.

Baca Juga:   200 Guru di Bolmong Ikuti Workshop

“Semoga dengan rangkaian catur brata penyepian tersebut, saudara umat Hindu lebih termotivasi dalam meningkatkan nilai-nilai spiritual dan keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Ida Sang Hyang Widi Wase,” kata Yasti.

Bupati menambahkan, Dharma Santi sebagai rangkaian perayaan hari raya nyepi tahun baru saka bagi umat Hindu, merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan pembinaan kepada umat manusia khususnya kepada saudaraku umat Hindu.

“Karena melalui kegiatan seperti ini, mampu meningkatkan nilai-nilai keimanan sekaligus mempererat rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar umat beragama,” jelasnya.

Perayaan ini juga lanjut Bupati, untuk senantiasa melakukan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, melakukan hubungan dengan manusia dan alam semesta, meningkatkan keseimbangan dan kesucian diri serta terkandung suatu nilai kebangkitan, kesadaran, dan toleransi. Menuju kebersamaan dalam mencapai tujuan hidup umat manusia sebagaimana tema Nasional perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini yaitu aktualisasi nilai tat twamasi.

Baca Juga:   Ungkap, Tangkap Pelaku Curanmor, Barang Buktinya Juga Ditemukan

“Tat-Twam Asi merupakan salah satu ajaran Hindu yang sangat luhur, yang bermakna aku adalah engkau dan engkau adalah aku. Dengan tema ini, saya berharap dapat menginspirasi saudaraku umat Hindu untuk saling menghormati, hidup rukun dan bertoleransi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua PHDI Bolmong I Nyoman Sukra, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Bolmong, karena walaupun disibukkan dengan agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu untuk hadir dalam acara Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1944.

”Ibu bupati adalah sosok yang sangat peduli dengan masyarakat Hindu di Kabupaten Bolmong, karena setiap hajatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu, beliau tetap meluangkan waktu untuk hadir,” terang Sukra.

Turut Hadir, Ketua PHDI Sulawesi Utara, Kepala Kementrian Agama Bolmong, para kepala OPD Bolmong, pemuka agama se Dumoga Utara, dan Tripika Kecamatan Dumoga Utara

(Advetorial)

Related Articles

Close