Bupati Bolsel Panen Hasil Program Piral

SATUBMR,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, melakukan panen perdana untuk tanaman Rica dan melakukan penanaman untuk tanaman lemon, di Desa Botuliodu, Kecamatan Tomini, Rabu (06/04/2022).

Ini merupakan produk unggulan dari program PIRAL (Pisang, Rica, Lemon) yang di gagas oleh Dinas pertanian ( Distan) Bolsel dan bagian dari terobosan Distan untuk memajukan sektor pertanian di Bolsel.

Melalui program ‘PIRAL’ yang di gagas oleh Distan ini, harapan Bupati, sektor pertanian harus menjadi lahan tumpuhan bagi seluruh masyarakat kabupaten Bolsel.

“Hari ini kami melakukan penanaman perdana salah satu prodak unggulan kita yaitu lemon, bersama kelompok semangat baru. InsyaAllah akan ditanam ini sebanyak 2000 pohon,” kata Bupati.

Baca Juga:   Pemkab Bolsel Laksanakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 H

“Kalau sudah produksi, tidak menutup kemungkinan hasilnya bisa mencapai 5 sampai 6 ton, nantinya hasil dari ini akan dimusyawarakan bersama BPD untuk menjadi pendapatan asli daerah (PAD),” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada seluruh petani baik kelompok maupun perorangan, untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan tidur. “masyarakat harus proaktif dengan selalu melihat kesempatan dan potensi-potensi yang ada,” tandasya.

“Dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur seperti ini, kejayaaan petani 20 atau 30 tahun yang lalu akan kita kembalikan mulai hari ini,” ungkapnya.

Baca Juga:   Pemkab Bolsel Gelar Pasar Murah

Kedepan kata Bupati, jika produksi dari tanaman Piral ini melimpah, Pemkab akan melakukan MoU dengan Bank Indonesia untuk menampung semua produk dari petani.

“Tahun 2022 Pemkab Bolsel telah mengalokasikan pengadaan bibit lemon melalui APBD, tahun depan, tidak menutup kemungkinan jika ada permintaan dari masyarakat, kami juga akan melakukan pengadaan bibit-bibit yang sama,” tambahnya.

Untuk itu, kami berharap kepada bapak ibu sangadi agar bisa mengalokasikan pengadaan bibit dalam program dana desa demi peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Bolsel.

Advertorial

Related Articles

Close