Pemkab Bolsel Gelar Musrenbang KKPD Tahun 2023

SATUBMR,BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Selasa (08/03) tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dan dihadiri secara Virtual Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru S.Pt, serta Anggota DPR-RI Komisi V Hi. Herson Mayulu SIP.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD merupakan penjabaran dari dokumen RPJMD Tahun 2021-2026.

“RKPD 2023 disusun berdasarkan orientasi proses melalui pendekatan partisipatif, teknokratif, politis serta top-down dan bottom-up, dan juga dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follow program”, ucap Deddy

Lanjut Wabup, pembahasan RKPD saat ini bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program kegiatan daerah dengan prioritas provinsi, dan; mengklarifikasi program kegiatan Kabupaten dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang tingkat kecamatan. 

Deddy Abdul Hamid, kemudian menuturkan permasalahan pembangunan daerah yang berkaitan dengan isu-isu strategis terkini berupa situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, angka kemiskinan yang masih tinggi dan kondisi sosial ekonomi yang belum optimal terutama jika dilihat dari sisi derajat kesehatan.

Baca Juga:   Bank SulutGo Serahkan Bantuan Lewat Pemkab Bolsel untuk Korban Banjir

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang walaupun angkanya sudah meningkat tapi masih berada di peringkat bawah se-Provinsi Sulut dan tak kalah penting, pembangunan berketahanan iklim karena karakteristik daerah kita rentan banjir bandang terutama saat curah hujan tinggi”, tutur Deddy Abdul Hamid.

“Saya memeinta para kepala PD mencurahkan tenaga dan pikirannya dengan benar-benar menyusun program kegiatan yang sinkron dengan isu-isu tersebut”, sambung Deddy Abdul Hamid ketika memberikan sambutannya.

Wabup Deddy juga menjabarkan, bahwa prioritas pembangunan daerah Kabupaten Bolsel dalam RKPD tahun 2023 mengacu pada RKP nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Sulut Tahun 2023 yang menitikberatkan pada enam prioritas daerah.

“Enam prioritas tersebut adalah percepatan penanggulangan kemiskinan, percepatan peningkatan kualitas dan daya saing SDM, peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur dan teknologi mulai dari desa hingga seluruh kecamatan, pengelolaan sumber daya alam dan kualitas lingkungan, serta mitigasi bencana peningkatan kapasitas UMKM dan koperasi, serta pemantapan tata kelola pemerintahan dan ketertiban dan keamanan”, tandas Wabup Bolsel.

Baca Juga:   Iskandar: No 1 itu Simbol Persatuan

Sementara itu, Bupati Bupati H. Iskandar Kamaru yang juga hadir secara virtual menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas perjuangan H. Herson Mayulu SIP (H2M) dengan program-program aspirasi yang sangat membantu Kabupaten Bolsel.

“Kita mesti bersyukur mempunyai keterwakilan anggota DPR-RI bapak H. Herson Mayulu yang terus mengawal program-program aspirasi rakyat Bolsel, apalagi di tengah pandemi dimana terjadi refocussing di beberapa sektor, dengan bantuan bapak H2M program-program infrastruktur bisa terlaksana dengan baik”, ucap Iskandar Kamaru .

Dalam Musrenbang ini, turut hadir secara virtual Anggota Komisi V DPR-RI H. Herson Mayulu, SIP (H2M) yang turut menyampaikan bahwa usulan masyarakat dalam Musrenbang harus diperhatikan dan terus dievaluasi sehingga meningkatkan tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah. 

“Agar menjadikan Musrenbang RKPD ini untuk mengevaluasi sejauh mana hasil Musrenbang. Baik itu Musrenbang Desa, kecamatan yang sudah terakomodir di APBD tahun berjalan,” ucap H2M.

Hadir secara dalam langsung dalam Musrembang, unsur Forkopimda, perwakilan Kejari, Dan Pos TNI AL, Anggota DPRD, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, MAP, para Asisten Sekda serta jajaran pimpinan Perangkat Daerah.

ADVERTORIAL

Related Articles

Close