Hasil Pertanian Bolmong Go Internasional

SATUBMR,BOLMONG-Setelah sukses mengekspor pala hasil perkebunan Bolmong, Go Internasional, PT. Hampton terus melebarkan pasar hasil perkebunan dan pertanian.

Kali ini, kualitas sereh wangi menjadi primadona baru untuk pengembangan produksi diwilayah Bolaang Mongondow.

Menurut Anggit Nasution, pihaknya terus membuka pasar dengan peluang dari sumber daya alam sampai sumber daya manusianya guna mendorong PT Hampton Muda Berkarya bekerja sama dengan petani setempat untuk mengembangkan potensi sereh wangi di wilayah tersebut.

Menurutnya, ini Sejalan dengan visi untuk bekerja sama dengan petani Indonesia guna memperluas pasar hasil tani Indonesia dengan mengoptimalkan hasil tani lokal yang dapat memenuhi standar Internasional.

Lanjut Anggit, Tanaman sereh wangi merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri terpenting di Indonesia. Selain masalah teknis budidaya yang merupakan faktor penentu keberhasilan pertanian, faktor lingkungan juga menentukan kelangsungan usaha budidaya serai wangi. Untuk itu, PT. Hampton Muda Berkarya melihat potensi geografi, topografi dan iklim Bolaang Mongondow.

Baca Juga:   Tarkam Imandi Tambun, Ir Limi Mokodompit Minta Kepala Desa Cari Jalan Tengah

“Sulawesi Utara sangat cocok untuk menanam sereh wangi, yang nantinya akan diolah menjadi minyak atsiri dan didistribusikan ke perusahaan-perusahaan besar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negri,” ungkapnya.

Sementara itu Bisnis minyak atsiri sereh wangi di Indonesia menghadapi masalah besar seperti kualitas produk yang bervariasi dan harga yang fluktuatif. Permasalahan terkait, berasal dari sumber bahan baku, respon petani, proses produksi dan teknologi proses produksi ini mempengaruhi kualitas produksi minyak atsiri sereh wangi di Indonesia kalah bersaing dengan minyak sereh wangi dari Sri Lanka.

Baca Juga:   Komisi III DPRD Bolmong RDP Dengan Dinas Kesehatan

Oleh karena itu, kami akan menerapkan teknologi dan pembelajaran yang dapat meningkatkan produktivitas sereh wangi dan juga kualitas minyak atsiri serai wangi Bolaang Mongondoow untuk menjadi hasil tani unggulan dan andalan dari Bolaang Mongondow.

Sementara itu Bupati Bolaang Mongondow Dra.Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow terus mensuport hasil perkebunan dan pertanian go internasional. Dimana pemerintah daerah terus membuka ruang investasi masuk di wilayahnya sehingga peluang pasar terbuka untuk masyarakat Bolaang mongondow dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

“Sebagai pemerintah tentunya mendukung upaya dan rencana Bain tersebut dan tentunya membuka ruang investasi untuk peningkatan perekonomian di Bolaang Mongondow,” pungkas Bupati.

Related Articles

Close