Dispar Bolsel Genjot Sektor Pariwisata Bersama Provinsi Gorontalo

SATUBMR,BOLSEL- Komitmen Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) untuk selalu menggenjot sektor Pariwisata, satu per satu terealisasi. Setelah sukses membuat berbagai macam inovasi dan kreatifitas dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, tahun ini Dinas Pariwisata Bolsel kembali melakukan terobosan out of the box lainnya.

Berdasar pada kenyataan yang beranggapan belum optimalnya berbagai atraksi Objek Daya Tarik Wisata di BMR oleh beberapa pihak, membuat Dinas Pariwisata Bolsel mengambil langkah bijak dengan menggandeng Provinsi Gorontalo untuk bersinergi. Bukan tanpa alasan, label ‘belum layak jual‘ membuat event-event di BMR tak pernah masuk dalam kalender event Provinsi dan Nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Bolsel, Wahyudin Kadullah S. IP, ME (Yoex sapaan akrabnya) mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan secara concern dan berkesinambungan menjalin kerjasama serta koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan juga Kabupaten Bone Bolango.

“Adanya Mutual Culture Essential dan juga Aksesibilitas yang sangat mendukung, membuat Pemkab Bolsel yakin, sinergitas ini akan banyak menguntungan semua pihak dari segi kepariwisataan,” ujarnya.

Indeks korelasi lain yang tak kalah pentingnya kata Yoex, yakni pengembangan Kawasan Wisata Teluk Tomini, membuat gorontalo kerap membantu bolsel dari segi promosi pariwisata. Ini juga dikarenakan adanya interkoneksi khususnya wisata bawah laut yang keduanya berada di kawasan teluk tomini.

Ditambahkan, bahwa Dispar Bolsel mengakui keunggulan Pariwisata Provinsi Gorontalo, mulai dari konsep promosi hingga sarana dan prasarana penunjangnya.

Dari sektor Diving, Gorontalo sudah memiliki Kapal Pesiar yang kerap digunakan berwisata LOB (Living On Board) bersama diver² nasional dan internasional. Rutenya bahkan selalu melewati perairan Bolsel, dan menempatkan laut Bolsel dalam itinerary diving mereka. Membuat Dispar Bolsel semakin yakin akan rencana kerjasama ini.

“Banyak faktor pendukung, pertama kesamaan budaya, akesibilitas jalur darat yang mendukung, hingga rencana kerjasama pengembangan kawasan Wisata Perairan Teluk Tomini. Semua faktor itu mantap membuat torang untuk segera bersinergi dengan Provinsi Gorontalo,” tambahnya.

Selain itu, waktu pelaksanaan Event Troi (Trip of Indonesia) yang semakin dekat, membuat Dinas Pariwisata semakin ‘injak gas’ dalam segala persiapan yang ada.
Diharapkan, saat menggaet kerjasama dan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango nanti, pelaksanaan Troi akan meriah, menggemparkan, serta menjadi atraksi Nasional untuk memancing kunjungan wisatawan ke Bolsel dan Bone Bolango.

“Pattern-nya sudah jelas ya. Para Wisatawan nantinya akan turun di Bandara Gorontalo, singgah untuk bermalam, melewati Bone Bolango. Singgah di Bone Bolango dan melanjutkan perjalanan sampai ke Bolsel. Ini lah yang membuat saya optimis, kolaborasi kali ini akan sangat menguntungkan semua pihak,” terangnya.

Banyaknya apresiasi yang diberikan oleh pihak-pihak serta otoritas Gorontalo dan Bone Bolango terhadap Pariwisata Dispar Bolsel melalui visitasi reses, membuat Dispar Bolsel semakin yakin, bahwa kerjasama dengan konsep ”Simbiosis Mutualisme” ini akan berdampak luar biasa di sektor Pariwisata.

Dampak tersebut antara lain, makin eratnya hubungan emosional antara Bolsel dengan Gorontalo serta Bone Bolango, terbukanya peluang untuk memunculkan Daya Tarik Wisata Baru, Kolaborasi sektoral sebagai tindak lanjut sinergitas, serta peningkatan Jumlah Wisatawan baik Domestik Maupun Mancanegara. Mengingat wilayah gorontalo juga tercatat sudah banyak mendatangkan puluhan ribu wisatawan mancanegara.

“Satu hal yang sangat penting dan perlu dipahami semua orang tentang Gorontalo, Komitmen mereka yang selalu stabil dari awal hingga akhir kerjasama, membuat Dispar Bolsel merasa lebih enjoy dan asik jika sinergitas ini kami jalin dengan Gorontalo dan juga Bone Bolango” tutup Yoex tegas dan mantap.

Terinformasi bahwa, bentuk promosi dan kerjasama pariwisata dengan Dinas Pariwisata Gorontalo dan Bone Bolango sudah mulai dilaksanakan minggu ini. Sebagai bentuk tindak lanjutnya, adalah rencana meeting oleh Dispar Bolsel bersama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango pekan depan.


Ayub Posi

Related Articles

Close