Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, BAZNAS Bolmut ‘Launching’ Program UMKM

SATUBMR.BOLMUT- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meluncurkan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang bekerja sama dengan UMKM Nur Rahman Desa Sonuo. Senin, 3 Januari 2022.

UMKM adalah program Baznas ekonomi produktif, ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Ini arahnya produksi berkelanjutan, sehingga memenuhi visi Bolmut, mandiri, berbudaya dan berdaya saing.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Baznas Bolmut Kurniawan Suma S.Pd, menurutnya, program Baznas ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian para usaha kecil mikro, yakni kemandirian secara ekonomi.

“Dalam program ini, kita bekerja sama dengan UMKM Nur Rahman Desa Sonuo. Kami dari pihak Baznas memberikan suntikan pengadaan alat-alat dan mereka adakan material yang akan diolah, dan ini menunjang program Dinas Perindakop,” ujar Ketua Baznas

Lanjutnya, UMKM yang berada di Desa Sonuo sudah kami tinjau dan suda memiliki rumah produksi, dan kami sekarang tinggal menunggu sertivikat halal dengan penelitian dari balai Pom. Dan ini akan kita naikan tingkatan dari lokal ke regional samapi dengan tingkat nasional.

“Program UMKM seperti ini akan terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha kecil mikro, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, menuju Bolmut yang lebih maju,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk tingkatan lokal saat ini, membutuhkan galeri atau gedung pemajangan bahan-bahan produksi UMKM.

“Jadi dihimbau kepada pemerintah daerah, untuk bagaimana mengangkat produksi-produksi lokal ini sampai ketingkat nasional,” harapnya.

Wakil Bupati Bolmut Drs.H.Amin Lasena MAP, yang membuka kegiatan tersebut juga menyampaikan apresiasi serta menyambut baik prakarsa dari Baznas Bolmut yang bekerjasama dengan UMKM Nur Rahman Desa Sonuo, sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah dalam menghadirkan UMKM yang maju dan berdaya saing tinggi memang menjadi harpan kita semua.

“Saya berharap ini agar benar-benar menjadi wadah yang bermanfaat dan dapat memberikan dampak terhadap pengembangan komoditas usaha produk dan jenis usaha unggulan, dalam mendukung terciptanya lapangan kerja, kesejateraan masyarakat, dalam rangka mengurangi angka atau tingkat kemiskinan di Bolmut,” pungkas Wakil Bupati Amin Lasena.

Ilyas

Related Articles

Close