Sudirman Mokodongan, Pejuang Pendidikan Desa Kolingangaan

SATUBMR,BOLMONG – Kolingangaan merupakan Desa terpencil yang berada di wilayah Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow. Sejak menjadi Desa definitif pada Tahun 2005 silam, Kolingangaan tidak memiliki sekolah sama sekali, barulah di Tahun 2010 pada masa pemerintahan Sangadi H P Mokodongan bersama swadaya masyarakat dan program PNPM Mandiri, didirikanlah Sekolah Dasar guna memenuhi keinginan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak diwilayah mereka.

Namun permasalahan pendidikan didesa tersebut belum berhenti sampai disitu, sejak SD Kolingangaan didirikan tidak ada satu orang gurupun yg mampu bertahan lama bertugas disana.

“Iya betul, dulu Tahun 2011 sampai 2013 banyak guru yang di tempatkan disekolah ini namun mereka tidak sanggup bertahan lama sehingga sekolah seringkali ditutup,” ungkap Sekdes Kolingangaan Kartolo Mokodongan.

Barulah di tahun 2014 pak guru Sudirman Mokodongan ditempatkan di SD Kolingangaan, saat itu ia merupakan satu-satunya guru bantu di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai Kepala Sekolah (Kepsek). Dibulan pertamanya, setelah ia dilantik sebagai Kepsek disekolah ini, ia langsung membuat gebrakan mengalihfungsikan status SD Kolingangaan yang tadinya sekolah swasta menjadi sekolah negeri.

Usahanyapun tidak sia-sia, di awal tahun 2015, SD Kolingangaan resmi menjadi Sekolah Negeri dan pada saat itu guru-guru, baik honor maupun PNS sudah ada beberapa yang mau ditempatkan di SDN tersebut. siswapun mulai berdatangan, hingga saat ini SDN Kolingangaan sudah mencetak benyak alumni, bahkan di Tahun 2021 ini ia berhasil membuat SDN Kolingangaan terakreditasi oleh BAN SM.

Baca Juga:   Kapolsek Lolayan Sowan Ke Pemuka Agama

“Memang tidak mudah, tetapi jika kita berusaha secara sungguh-sungguh, ikhlas dan bertanggungjawab, maka tidak ada yang tidak mungkin, sebab proses pasti tidak akan menghianati hasil.” Tutur pak guru Sudirman

Berkat dedikasi dan kerja kerasnya memperjuangkan pendidikan yang layak diwilayah terpencil, pada tahun 2015 silam, Sudirman Mokodongan mendapat penghargaan Kategori Guru Terbaik Sulawesi Utara 2015 dalam acara Manado Post Award.

Tak puas dengan capaian tersebut, sejak beberapa siswa SDN Kolingangaan mulai lulus sekolah dasar, hatinya kembali tergerak, sebab siswa-siswi tersebut akan kembali terlantar karna tidak ada Sekolah Menegah Pertama yang bisa menampung mereka.

“Saya prihatin sebab anak seumuran SMP belum bisa sepenuhnya mandiri sehingga mereka belum bisa jauh dari pengawasan orang tuanya, hal ini tentu berbeda jika mereka sudah menginjak usia SMA, mereka sudah bisa mandiri dan melanjutkan study di Kotamobagu sekaligus ngekos disana.” Tutur Sudirman

Setelah sekian lama mencari solusi, akhirnya kesempatan emaspun tiba, manakala pak guru Sudirman diminta menjadi mentor kegiaatan Latsar CPNS Bolmong di SMK Yadika pada 2019 lalu, ia duduk bersama Sekda Bolmong pak Tahlis Galang & Kedispend Bolmong Renty Mokoginta.

Setalah selesai mendengar pemaparan materi yang disampaikan oleh 2 orang CPNS SDN Kolingangaan yang bagitu mengharukan, Sekda Bolmong dan Kadispen Bolmong langsung memintanya untuk segera membuka SMP di Kolingangaan, iapun dengan penuh rasa bahagia dan gembira langsung menerima permintaan tersebut.

“Alhamdulillah, saat itu saya merasa senang sekali, karena doa saya dikabulkan oleh Allah SWT, saya langsung bergegas dan melaksanakan perintah dari atasan.” Ungkap pak guru Sudirman

Baca Juga:   Tim Regu Catur Bolmong Raih Peringkat 4

Usaha, doa, dan kerja keras pak guru Sudirman pun tidak berakhir sia-sia, karena pada bulan Oktober 2021 ia berhasil mendirikan SMP Negeri Satap Kolingangan di Desa terpencil tersebut, sehingga siswa-siswi SDN Kolingangaan yang telah lulus Sekolah Dasar tidak terlantar lagi dan bisa melanjukan pendidikan mereka di SMPN Satap Kolingangaan. Iapun tak lupa berterimah kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang telah membantunya selama ini.

“Alhamdulillah diusia saya yang sudah parubaya ini dan telah mendekati masa Purnabhakti karena tinggal 3 Tahun lagi pensiun, saya masih bisa membawa manfaat untuk orang banyak. Terimah kasih saya sampaikan kepada yang terhormat bapak Sekda Bolmong pak Tahlis Galang, pak Kadis Pendidikan Bolmong pak Renty Mokoginta, wabil khusus kepada yang terhormat ibu Bupati Bolmong Dra. Hj. Yasti S. Mokoagow, karena tanpa support dan bantuan dari pemerintah Bolmong, tentu usaha kami tidak akan membuahkan hasil sebaik ini.” Ungkapnya

Pak guru Sudirman Mokodongan selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah (Kepsek) di SMPN Satap Kolingangaan berharap siapapun yang nantinya akan ditempatkan bertugas disekolah tersebut kiranya dapat meneruskan cita-citanya memajukan pendidikan didaerah terpencil ini.

“Siapapun yang nantinya akan bertugas menggantikan saya ditempatkan di SMPN Satap Kolingangaan, semoga semuanya amanah dan berkerja dengan penuh rasa tanggungjawab serta dapat membawa maslahat dalam dunia pendidikan di wilayah pedalaman Kolingangaan.” Harapnya.

Tim

Related Articles

Close