Mokoagow: Linmas Ujung Tombak Keamanan Desa

SATUBMR,BOLMONG- Camat Lolayan Abdul Rivai Mokoagow menekankan pentingnya peranan satuan tugas perlindungan masyarakat (Satlinmas) dalam menjaga ketertiban, ketenteraman dan situasi kondusif di masyarakat. Linmas merupakan ujung tombak yang dapat menjadi deteksi dini untuk segala hal yang terjadi di masyarakat. Senin(01/11/21).

Hal itu diungkapkan Mokoagow saat Apel Linmas Se-Kecamatan Lolayan yang dilaksanakan dalam rangka menghadapi tahapan Pilsang 2021-2022.

Dikecamatan Lolayan sendiri ada 10 desa yang akan melaksanakan Pilsang. Sehingga, harapan Pemerintah Kecamatan, agar Linmas mampu menjadi penengah di tengah-tengah masyarakat. Berupayalah untuk tidak terlibat secara praktis dukung mendukung calon. Setiap saat juga Linmas bisa langsung melaporkan keadaan, situasi dan kondisi di Desa.

Baca Juga:   Camat Lolayan: Lokasi Potolo Belum Bertuan

“Jadi apa yang diinginkan yakni Kecamatan Lolayan yang aman, tertib dan kondusif ini dapat terjaga dengan keberadaan dan peran aktif Linmas di setiap desa,” kata Rivai.

Camat yang belum lama dilantik ini menyebut, satlinmas mampu untuk berbaur dengan masyarakat. Bahkan satlinmas dapat melakukan deteksi dini terhadap gangguan kamtibmas yang ada di masyarakat.

“Mereka terdepan baik dalam membantu ataupun mengamankan orang yang hajatan, berduka, penanganan bencana, maupun setiap ada kejadian terutama di tingkat desa,” ungkap Camat.

Dirinya menilai sesuai Tupoksinya Linmas sudah berjalan dengan cukup baik. Sekarang ini menurutnya tinggal bagaimana mengintensifkan koordinasi antara Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Baca Juga:   Camat Lolayan: Lokasi Potolo Belum Bertuan

“Jadi Koordinasi antara Satlinmas dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus ditekan lagi,” tambah Camat.

Selain itu, untuk mendukung program pemerintah yakini kegiatan vaksinasi di desa juga harus dikawal oleh Linmas. Karena biasanya, jika antrian vaksinasi panjang, maka sering ada masalah. Nah, disitulah peran Linmas dalam pelayanan ketertiban.

“Intinya Linmas harus berperan aktif dalam segala kegiatan di Desa,” pungkas Manta Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo.

Related Articles

Close