APBDes Perubahan Bungko untuk Pemberdayaan Masyarakat

SATUBMR, KOTAMOBAGU, Pemerintah Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu (KK) Selasa (05/10/2021)  menggelar Musyawarah Desa, untuk  penetapan Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBDes) Perubahan Tahun Anggaran 2021, di Aula kantor Desa Bungko.

Menurut Sangadi (Kepala Desa) Bungko, Kautsar Muri Gonibala, SE, APBDes Perubahan ini, diperuntukkan pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. “ Hal ini dilakukan Pemerintah Desa dan BPD dalam upaya percepatan realisasi anggaran serta percepatan penyusunan RKPDes tahun 2022.” tutur Muri.

Selain penetapan Perubahan APBDes tahun anggaran 2021, dalam kesempatan tersebut Muri juga menyampaikan, data penerima manfaat BLT DD pada tahun 2021, data keluarga penerima manfaat BLT DD pada tahun 2021 sebanyak 11 KPM pada APBDes Reguler dan ada tambahan 15 KPM untuk 4 bulan pada pergeseran APBDes beberapa waktu yang lalu. Jadi jumlah keseluruhan penerima BLT-DD Desa Bungko Tahun 2021 sebanyak 26 KPM.

Sementara itu, Ketua BPD Bungko, Saprudin Paputungan, S.Pd berharap musyawarah desa penetapan perubahan APBDes tahun  2021 dapat berjalan dengan lancar. Pagu awal APBDesa untuk Desa Bungko tahun 2021 semula berjumlah Rp. 2.785.872.200,- berkurang sejumlah Rp. 41.405.397,- sehingga menjadi Rp. 2.744.466.803,-. “Musdes perubahan ini merupakan acara yang sudah biasa terjadi dalam sebuah pemerintahan. Karena dalam suatu perjalanan rumah tangga apalagi sekelas desa yang namanya rencana sering kali tidak sesuai dengan harapan, sehingga mengakibatkan perubahan Anggaran yang pernah di tetapkan pada Musdes sebelumnya,” kata Saprudin saat menyampaikan sambutan.

Pemerintah Desa Bungko melakukan penganggaran berdasarkan Instruksi Menteri Desa dan Surat Edaran Menteri Keuangan tentang kegiatan PPKM dan penanganan covid-19 melakukan penyesuaian/refocusing/perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sangadi beserta perangkat, tokoh masyarakat, perwakilan pegawai syar’i, BABINSA, Perwakilan Lembaga Adat, Linmas dan Ketua BPD beserta anggotanya. (nan)

Related Articles

Close