Bolsel

Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Tentang Peran Desa Dalam Pencegahan Stunting

×

Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Tentang Peran Desa Dalam Pencegahan Stunting

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLSEL- Bupati H. Iskandar Kamaru SPt didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bolsel Ny. Selpian Kamaru-Manoppo membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa dalam Pencegahan Stunting kepada Tim Penggerak PKK Desa dan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Balai Desa Popodu pada Kamis (02/09/2021).

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam penanganan stunting.

“Salah satunya adalah menerbitkan peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang peran Desa dalam pencegahan Stunting. Salah satu prioritas dana Desa adalah pencegahan stunting.

“Sehingga Pemerintah Desa harus mengalokasikan Dana Desa untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dan mencegah Stunting di Desa.

Bupati juga berharap agar Program Kegiatan PKK dapat diintegrasikan dengan Program Kegiatan Pemerintah Desa dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting.

KPM juga turut serta memfasilitasi pelaksanaan Pencegahan dan Penurunan Stunting di tingkat Desa. Bupati mendelegasikan ke Dinas PMD sebagai Penanggungjawab dalam membina KPM melalui Pemerintah Desa.

Bupati minta agar kegiatan ini terlaksana dengan lancar, terbangun kerjasama, Koordinasi dan Kemitraan yang baik antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, PKK dan KPM.

Selanjutnya, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memperhatikan asupan gizi kepada bayi untuk pencegahan Stunting.

Bupati mengingatkan kepada semua pihak agar pelaksanaan Program Pencegahan dan Penanganan Stunting harus terlaksana dengan baik serta tepat sasaran sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Turut hadir Asisten I Ramli Abdul Madjid SPd, Kepala PD, Camat dan Sangadi, TP-PKK, KPM Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo.

Ayub Posi