Bupati Bersama Wabup Bolsel Hadiri Paripurna Penyampaian Nota Keuangan APBD Perubahan Tahun 2021

SATUBMR,BOLSEL- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kompleks Perkantoran Panango,Senin, (30/08/2021).

Dalam Rapat Paripurna tersebut, membicarakan tentang tahap 1 atas penyampaian nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Perubahan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD) dan Rancangan Peraturan Bupati (RANPERBUB) tentang penjabaran perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Rapat paripurna tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. Arifin Olii dihadiri oleh Wakil Ketua 2 Hartina Badu dan 14 Anggota DPRD Bolsel, dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang begitu ketat.

Bupati Hi. Iskandar Kamaru menyampaikan, uraian tentang Hal-hal yang melatarbelakangi perubahan APBD tahun anggaran 2021.

“Sesuai pasal 161 tentang peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan Daerah bahwa perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD, keadaan ini yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit Organisasi, kegiatan, dan jenis belanja serta keadaan yang menyebabkan silpa tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan juga keadaan darurat atau keadaan luar biasa,” ungkap Bupati

Baca Juga:   Ini Tiga Pimpinan DPRD Bolsel Definitif

Iskandar Kamaru mengatakan gambaran untuk rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2021.

“Pendapatan pada rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2021 diasumsikan sebesar 594,7 Milyar, jika dibandingkan dengan target pendapatan pada awal APBD tahun 2021 sebesar 604,3 Milyar, ini artinya target pendapatan turun 9,5 Milyar atau kalau dipersenkan turun 2 persen,” ucapnya

Tambahnya,penjabaran turunnya target pendapatan pada rancangan perubahan APBD tahun 2021 disebabkan oleh adanya refocussing dan realokasi anggaran dana transfer Daerah.

“Turunnya pendapatan rancangan perubahan APBD kita ditahun ini karena adanya refocussing dan realokasi anggaran dana transfer Daerah, walaupun masih masi dalam situasi Pandemi Pemerintah Daerah (Pemda) tetap menggali potensi dari PAD untuk memenuhi target,” tuturnya

Iskandar juga menjelaskan, garis besar gambaran perubahan pada pos belanja Daerah. Belanja pada rancangan Perda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021 juga mengalami pergeseran, dalam pos belanja operasi, yang terdiri dari belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah dan belanja bantuan sosial yang sebelumnya dialokasikan 400 Milyar berubah menjadi 395,8 Milyar, selanjutnya belanja modal yang dialokasikan sebelumnya 101,9 Milyar turun menjadi 100,7 Milyar, untuk belanja tidak terduga mengalami peningkatan yang signifikan, sebelumnya dialokasikan 5,5 Milyar naik 19,8 Milyar, namun belanja transfer yang terdiri dari belanja bagi hasil dan belanja bantuan keuangan tidak mengalami perubahan signifikan, belanja tersebut masih tetap pada alokasi sebelumya yaitu 107,8 Milyar.

Baca Juga:   DPRD Gelar Rapat Paripurna Penetapan Paslon Bupati dan Wabup Bolsel

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan masing-masing fraksi yang ada di DPRD, yang telah menyetujui Rapat Paripurna tersebut.

“Terima kasih kepada Pimpinan Ketua DPRD, dan masing-masing Fraksi DPRD Bolsel, yang sudah mengagendakan rapat paripurna ini,” pungkasnya.

Turut hadir Anggota DPRD, Sekertaris Daerah, Para Asisten, Forkopimda, serta para camat.

Ayub Posi

Related Articles

Close