Paskibraka Bolmong Bakal Jadi duta Pancasila

SATUBMR,BOLMONG- Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka(PASKIBRAKA) Kabupaten Bolaang Mongondow akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila. Kamis(15/07/21).

Sebelum dikukuhkan, Sebanyak 38 Anggota Paskibraka tersebut sudah mengikuti pembekalan ideologi Pancasila yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bolaang Mongondow yang dipelopori oleh Kadis Dispora I Wayan Mudiyasa.

Saat ditemui diruang kerjanya, Kadispora mengatakan, untuk tahun ini, Anggota Pakibraka akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila dan itu yang membuat Pasukan Pengibar Bendera tahun ini berdeda dengan sebelumnya.

Ideologi Pancasila yang sudah melekat pada semua Anggota Paskibraka diharapkan nantinya dapat diimplementasikan disekolah tempat dia belajar terlebih dilingkungan dimana dia tinggal.

“Ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda, melalui Program Pasukan Pengibar Bendera,” ungkap Mudiyasa.

Lanjut Kadispora, dari segi kesehatan, tentunya sudah bisa dipastikan bahwa seluruh anggota paskibraka dalam keadaan sehat dan siap untuk melaksanakan tugas.

Selain itu, untuk memastikan pagelaran 17 Agustus nantinya berjalan sukses, Mudiyasa menjelaskan sebagai penanggung jawab, dirinya sudah mempersiapkan “1000” macam cara dan antisipasi jika nantinya salah satu anggota paskibraka tidak siap dalam melaksanakan tugas.

“Tentunya dalam situasi Pandemi Covid-19, kami sudah menyiapkan 6 orang cadangan, 3 putra dan 3 putri,” ungkap Kadis.

Persiapan cadangan tersebut bukan tanpa alasan, jika akhirnya akan dilakukan tes Rapid Antigen kepada seluruh anggota paskibraka dan mungkin ada yang reaktif, maka cadangan inilah yang akan menggantikan posisi tersebut.

“Initinya kami akan lakukan dan persiapkan sebaik mungkin agar pelaksanaan 17 Agustus nantinya akan berlangsung sesuai dengan harapan,” pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 38 orang akan mengikuti tes PIP yang diselenggarakan oleh Dispora Bolmong bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, Adapun 36 orang calon Paskibraka daerah, dan 2 orang utusan Paskibraka Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan, Jumat (16/7), di Aula Bappeda Kabupaten Bolmong dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Jhay Yambat

Related Articles

Close