DPRD Bolsel Gelar Rapat Paripurna Tentang Pembahasan Ranperda Terkait Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD

SATUBMR,BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Rapat Paripurna tentang pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan diruang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolsel kompleks perkantoran panango ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. Arifin Olii, Senin (31/05/2021).

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt dalam sambutannya menyampaikan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020, dimana pendapatan daerah terealisasi sebesar Rp. 607,9 Miliar atau 97.53 persen dari total target sebesar Rp. 623.3 Miliar.

“Sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 9 tahun 2015, sebagai mana Pemerintah Daerah (Pemda) atau Kepala Daerah Wajib menyampaikan Ranperda,” ucap Bupati

Baca Juga:   Sunardi Kadullah Gelar Sukuran di Kediamannya

Tambahnya, untuk belanja Daerah secara umum yang terealisasi sebesar Rp. 607,8 Miliar atau 93,12 persen dari total anggaran sebesar Rp. 652.7 Miliyar, dan pada bidang penanganan dampak ekonomi alokasi anggaran yang diberikan untuk bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan belanja lainnya terealisasi sebesar Rp. 3,9 Miliar.

“Bidang sosial anggaran yang teralisasikan untuk pemberian sembako sebesar Rp. 12,1 Miliar yang terdiri dari 33,2 Ribu Kepala Keluarga atau 110.2 Jiwa dan dibidang kesehatan alokasi anggarannya sebesar 14,9 Miliar diperuntukan untuk pengadaan alat kesehatan obat-obatan, bahan habis pakai kesehatan, insentif tenaga kesehatan dan belanja lainnya ” paparnya

Baca Juga:   DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT Bolsel ke-12

Bupati menyampaikan apresiasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atas kerjasamanya sehingga Rapat hari ini terlaksana sebagai fungsi budgeting dalam pelaksanaan refocusing dan realokasi anggaran pada kondisi Pandemi Covid-19 selama tahun 2020.

kegiatan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 diterima oleh tiga fraksi yakni fraksi Trisakti, Fraksi Gerakan Golkar dan fraksi Restorasi.

Turut hadir dalam paripurna tersebut, pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, para Asisten, Kepala OPD beserta jajaran ASN Pemkab Bolsel.


Ayub Posi

Related Articles

Close