HUT RI ke-77 di Bolmong Berlangsung Khidmat

SATUBMR.BOLMONG-Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -77 tahun 2022 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) berlangsung sukses.

Ini menjadi momen perdana bagi Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, menjadi Inspektur upacara pada HUT RI ke -77 tahun 2022 di Bolmong. Berlangsung, Rabu (17/8/2022) di lapangan Kantor Bupati Bolmong.

Sebelumnya, Selasa 16 Agustus 2022, Duplikat bendera merah putih yang dikibarkan dalam upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun 2022, telah diserahkan oleh Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, kepada Paskibraka yang akan bertugas.

Upacara peringatan HUT RI ke-77 tahun ini dilaksanakan dengan suasana yang penuh khidmat. Sejak pukul 08.30 upacara dimulai, diawali dengan pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, dan selanjutnya doa oleh Kepala Kantor Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora.

Dalam proses pengibaran bendera merah putih, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Bolmong, terlihat sangat sukses. Usai upacara, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, bersama jajaran Forkopimda dan Sekda Bolmong Tahlis Gallang serta OPD Pemkab Bolmong, melanjutkan dengan mengikuti upacara HUT RI di istana negara melalui siaran langsung televisi.

Dilanjutkan dengan penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WITA, yang bertindak kembali sebagai Irup Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM. Tak sampai di situ, pada malam hari ini, akhir rangkaian peringatan HUT RI ke 77 tahun malam resepsi kenegaraan berlangsung khidmat di rumah dinas Bupati Bolmong, sampai selesai.

Agenda tersebut, di hadiri Forkopimda, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani, Sekda Tahlis Gallang, para asisten, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Bolmong.

Baca Juga:   Satu Penambang Meninggal di Lokasi Teluk

Dalam sambutanya, Bupati Ir Limi Mokodompit MM menyampaikan, kegiatan resepsi kenegaraan pada malam hari ini, pada hakikatnya adalah suatu rangkaian peringatan HUT RI ke -77 tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2022.

Selain itu, atas wujud syukur kita atas suksesnya peringatan kemerdekaan RI di Kabupaten Bolmong. Ia mengatakan tema peringatan HUT RI ke -77 kemerdekaan RI tahun 2022 ini yakni “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak seluruh jajaran Pemkab Bolmong untuk terus menanamkan budaya kerja keras dan jadilah teladan kepada masyarakat. Dimana memberikan contoh nyata dalam pekerjaan dan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Karena bila diibaratkan seorang pejabat atau ASN itu sebagai gembala, maka kembali saya ingatkan alangkah baiknya menjadi gembala kuda dari pada menjadi gembala sapi. Karena kalau gembala kuda selalu berada di depan kawanan, sedangkan gembala sapi berada dibelakang kawanan,” kata Limi.

Bupati Limi pun mengartikan sebagai seorang pejabat atau ASN kita harus didepan dan bukan dibelakang, memberi contoh dan teladan kepada masyarakat. Agar masyarakat mau bekerja sama dan sama – sama bekerja, demi kemajuan kabupaten Bolmong yang sama – sama kita cintai.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak semua komponen masyarakat Bolmong, untuk menjadikan momentum HUT RI kemerdekaan kali ini sebagai tonggak kebangkitan masyarakat.

Untuk mengejar ketertinggalan dengan terus bekerja keras, bekerja cerdas, kerja nyata, serta bahu membahu dengan mengisi kemerdekaan ini pembangunan di segala bidang. Sekaligus menjadikan masyarakat kabupaten Bolmong sebagai masyarakat yang berbudaya, berkarakter, lebih disiplin, lebih mandiri, serta lebih kreatif.

Baca Juga:   Pemkab Bolmong Apresiasi Program TNI Dalam Membangun Sarana Air Bersih

Limi juga memberikan apresiasi kepada adik-adik Paskibraka Bolmong, atas keberhasilan dalam menjalankan tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada hari ini dengan sukses.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah, sekali lagi banyak selamat kepada putra dan. Putri terbaik bangsa khususnya bolmong yang sukses dalam menjalankan tugasnya,” ucap Bupati.

Tak hanya itu, kepada orang tua tentu ini suatu kesyukuran anugerah Allah SWT tuhan yang maha esa. Dimana bapak ibu dapat mendidik anak – anaknya dan pada malam hari ini kita dapat saksikan suksesnya anak – anak kita.

“Esok lusa Pak Dandim dan Pak Kapolres, masuk polisi, Akpol, Akmil, tolong diterima dan diprioritaskan. Pak bupati akan mendukung. Pada beberapa waktu lalu saya lihat untuk ke Akpol dan Akmil, Kota Kotamobagu tidak salah yang lolos tiga orang. Bolmong kayaknya enggak ada satu kali ya angkatan laut. Coba tahun depan dari Bolmong juga ada. Ini pesan saya dan harapan saya buat Kapolres dan Pak Dandim,” pinta Limi.

Ini juga menjadi harapan kita semua, agar anak – anak mongondow akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang. Olehnya, harapan kita semua juga, terutama bagi orang tua supaya anak – anak kita di didik, dibina, dijaga, agar menjadi generasi-generasi emas kedepan.

Diakhir sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada panitia atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan sesuatu, mulai dari awal sampai pada resepsi pelaksanaan kenegaraan yang dilaksanakan pada malam hari ini. “Semoga kerja keras akan menjadi nilai positif dan amal ibadah dari bapak ibu sekalian,” tutupnya. 

Related Articles

Close