Di Usia ke-14 Tahun Wajah Bolmut Terus Berkembang Dinamis

SATUBMR.BOLMUT- Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang ke-14 tahun, Bupati Drs.H.Depri Pontoh selaku pimpinan daerah menyatakan, bahwa wajah Bolmut terus berkembang dinamis, dalam konteks dan sendi percepatan pembangunan daerah.

Upaya itu terus dilakukan dengan meletakan kebijakan perencanaan pembangunan pada kebutuhan aspirasi masyarakat, sehingga secara berkelanjutan, jaminan pemenuhan kebutuhan masyarakat dapat benar-benar memberikan implikasi positif terhadap masyarakat itu sendiri.

“Komitmen itu, kami selaraskan dengan Tema HUT ke-14 kali ini yaitu ‘Aparatur Berkopentensi, Masyarakat Berkarakter, Infrastruktur Mapan Untuk Bolaang Mongondow Sejaterah,” ujar Bupati dalam sambutan yang sebagai Inspektur upacara HUT Kabupaten ke-14, Minggu (23/5/2021).

Tema tersebut simultan membangkitkan ruh dan semangat kita untuk kembali pada koridor Visi besar kita, sekaligus sebagai cemeti bagai seluruh kompenen di daerah, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam menjawab tantangan pembangunan yang kesungguhanya dinikmati oleh seluruh masyarakat Bolmut.

Baca Juga:   Dana Desa Tahap Satu Cair

Lebih lanjut Depri Pontoh menyampaikan, terhadap kerangka capaian kinerja pembangunan dan arah kebijakan yang telah terwujud sampai periode saat ini, dimana Pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian Nasional bahkan Global yang juga berimplikasi pada perekonomian daerah menjadikan pertumbuhan ekonomi daerah ini hanya mencapai 0,71% pada tahun 2020, dimana angka ini menurun tajam jika dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu 6,17%.

“Meskipun dalam kondisi ekonomi yang melambat tersebut, tetapi pengeluaran perkapita masyarakat cenderung stabil pada tahun 2020, yaitu 9,36 juta rupiah pertahun. Sedangkan Gini Rasio daerah pada pada tahun 2020 juga menunjukan kondisi yang baik yaitu 0,37 poin,” terang Pontoh.

Baca Juga:   Bupati Bolmut Hadiri Gebyar Ketupat Provinsi Gorontalo

Dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, dapat dikatakan cukup baik. Hal ini diindikasikan dengan selalu meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari angka 66,91 poin pada tahun 2019 menjadi 66,99 poin di tahun 2020.

Ditambahkanya pula, pengetasan kemiskinan terus pula kita upayakan secara strategik dan terpadu. Dimana angka kemiskinan mengalami penurunan 0,04% dari tahun 2019 yaitu 8,45% menjadi 8,41% pada tahun 2020, dan angka pengangguran terbuka pada tahun 2020 menurun menjadi 4,6% dari tahun sebelumnya pada angka 4,71%.

“Namun demikian pencapaian ini masi perlu ditingkatkan lagi di tahun-tahun yang akan datang,” kuncinya.

Basir

Related Articles

Close