Bolmut

Sekda Bolmut: Arsip Sumber Informasi Penting

×

Sekda Bolmut: Arsip Sumber Informasi Penting

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLMUT – Arsip merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan adimistrasi maupun Birokrasi. Hal ini dikatakan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr Drs Hi Asripan Nani M.Si, saat membuka kegiatan sosialisasi atau Penyuluhan Kearsipan di lingkungan Instansi Pemerintah atau Swasta Tahun 2021,yang bertempat di Rumah Makan Laviesta. Rabu (7/4/2021).

Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, bahwa pembinaan, pengelolaan, penyelamatan, pelestarian dan pelayanan arsip atau informasi menjadi kewajiban lembaga kearsiapan.

Dalam sambutan Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh yang dibacakan oleh Sekda menyampaikan, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksitensi dan untuk kepentingan organisasi ataupun Birokrasi.

“Arsip menjadi bagian penting untuk mendukung proses kerja adiminitrasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen Bitokrasi,” kata Sekda.

Lanjut Sekda, untuk meningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengolahan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka kegiatan sosialisai kearsiapn ini sangat penting, artinya bagi pemerintah daerah untuk meyeragamkan taat kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja serta meningkatkan tertib adiminstrasi dalam menjunjung tugas-tugas Pemerintah.

“Kiranya kepada peserta sosialisai ini dapat memahami fungsi dan peranan maupun sangsi dalam pengelolaan arsip dalam sebuah pemerintahan, yang diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM), aparatur yang bermutu dan bermartabat, serta meingkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat, serta mewujudkan pelayanan yang baik,” pungkas Sekda.

Basir