Pansus DPRD Bolmong Bedah LKPj Bupati Tahun Anggaran 2020

BOLMONG – Pasca Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun anggaran 2020. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong membentuk Panitia Khusus (pansus) LKPj. Pembentukan Pansus oleh DPRD itu, terkait dengan penggunaan dana pada tahun anggaran 2020 lalu.

Ketua Pansus DPRD Bolmong Yansen Mokoginta mengatakan, Pansus sudah mulai bekerja sejak Sabtu (24/04) hingga Selasa (27/04) dengan memanggil para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta staf dan meminta keterangan  terhadap pihak ketiga yang mengelola dana bantuan Covid-19 dari Pemda Bolmong hasil refokusing dari enam SKPD.

Mereka adalah Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan ESDM, Dinas Perkebunan, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Badan Keuangan Daerah, Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bolmong, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Koperasi dan UKM.

Baca Juga:   Aleg Ini Minta PT-JRBM Hentikan Perluasan Area

Sedangkan enam pihak ketiga berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Kesehatan, Koperasi.

Yansen menegaskan, rapat bersama Pansus dihadiri para pimpinan OPD bersama dengan beberapa kepala bidang. Rapat Pansus ini kata dia, dalam rangka pembahasan dan penyusunan rancangan rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati tahun 2020 terkait pencapaian program dan kegiatan daerah.  Apakah yang disampaikan lewat presentasi di rapat pansus ini sesuai dengan realisasi di lapangan atau tidak. 

“Ini yang akan kami tindak lanjuti, dengan pengecekan, dan hasilnya akan dituangkan dalam rekomendasi Pansus sebentar nanti,” ujarnya.

Baca Juga:   Komisi 1 DPRD Bolmong Turun ke Desa Bersama Polisi

Politisi Partai Nasdem ini juga mengatakan, pansus yang sedang berlangsung selama empat hari ini telah mengevaluasi 20 OPD di jajaran Pemkab Bolmong. 

“Kita telah mengevaluasi, total 20 OPD yang diundang,” tandasnya.

Sementara itu, anggota pansus lain Supandri Damogalad mengatakan, selain pertanggungjawaban program kegiatan 2020, ada juga pembahasan terkait dengan pengadaan bantuan Covid-19 selama tahun 2020. 

“Kita juga mengundang kembali beberapa OPD dan pihak ketiga, yang menganggarkan bantuan penanganan Covid-19,” ujar Supandri.

Menurut Supandri, setelah pembahasan dengan OPD akan dibahas ditingkat selanjutnya.

Sekadar diketahui, kegiatan yang dipimpin Yansen Mokoginta turut dihadiri Wakil Ketua Pansus Hi. Mas’ud Lauma, dan anggota Pansus lain yakni, Hi. Ramono, Supandri Damogalad, Moh Syahrudin Mokoagow, Sulhan Manggabarai, Viktor Lumapow, Aske Iroth, Chindra Opod, Satira Manoppo.

Advertorial

Related Articles

Close