Bolsel

Bupati Iskandar Menutup Bimtek Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah Daerah

×

Bupati Iskandar Menutup Bimtek Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah Daerah

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLSEL- Bupati H. Iskandar Kamaru SPt didampingi Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP menutup kegiatan Bimtek Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) di lingkungan Pemkab Bolsel yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Panango, Kamis (22/04/2021).

Kegiatan ini merupakan program kerja dari BPKP perwakilan Prov. Sulut yang menjadikan Kab. Bolsel sebagai Lokus dalam penguatan akuntabilitas kinerja di Prov. Sulut tahun 2021.

Dalam arahannya, Bupati minta Kepala Perangkat Daerah mampu memimpin dalam penyusunan rencana strategis (Renstra) dan bukan hanya menyerahkan semuanya kepada Kasubag Program dan Pelaporan, karena yang dipercayakan untuk menjabarkan visi dan misi Bupati dan Wabup adalah Kepala Perangkat Daerah.


Iskandar juga minta Bappelitbangda sebagai perangkat daerah yang menangani perencanaan daerah agar benar-benar memperhatikan kualitas dokumen Renstra yang dibuat oleh perangkat daerah termasuk memperhatikan program lintas perangkat daerah misalnya penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, dan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Bupati menegaskan bahwa peringkat atau penghargaan yang kita peroleh selama ini seperti nilai B untuk SAKIP maupun WTP untuk pengelolaan keuangan daerah dan lainnya bukanlah tujuan akhir, akan tetapi tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat Bolsel.

“Terkait PermenPAN-RB No. 26 Tahun 2020 tentang pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP, Bupati perintahkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan jajaran untuk segera lakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi serta visi misi pemerintah daerah bisa segera terwujud.

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BPKP perwakilan Prov. Sulut, Bapak Setya Nugraha bersama tim atas kesediaannya memberikan pendampingan serta mentransfer ilmu Penguatan SAKIP,” ucapnya.

Turut hadir Asisten 3 Rikson Paputungan MPd, para Kepala Perangkat Daerah, Sekretaris dan Kasubag Program Pelaporan se-Kab Bolsel.


Advertorial