Bolmut

Hasil Evaluasi SAKIP Pemkab Bolmut Raih Predikat “Baik”

×

Hasil Evaluasi SAKIP Pemkab Bolmut Raih Predikat “Baik”

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMUT- Sebagai mana intruksi presiden RI nomor 7 tahun 1999 tenteng akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang mewajibkan kepada setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintah negara untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kewenangan pengelolaan sumber daya dengan didasarkan pada suatu perencanaan strateik yang ditetapkan oleh masing masing instansi.

Rabu 24 Maret 2021, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar kegiatan Workshop Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Bolmut, yang bertempat di Gedung Boroko Convention Canter, Hotel Boroko.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M,Si.

Dalam sambutan Bupati Bolmut yang di bacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh menyapaikan, wujud pertanggungjawaban dimaksud berupa laporan yang disampaikan kepada atasan masing masing, lembaga lembaga pengawasan dan penilaian akuntabilitas dan akhirnya disampaikan kepada Presiden selaku kepala pemerintah. Laporan tersebut mengambarkan kinerja instansi pemerintah yang bersangkutan melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemeritah (SAKIP).

“Sistem AKIP juga menuntut kepemimpinan yang baik, tangguh, dan transparaan serta memiliki visi jauh kedepan dan mampu memotivasi seluruh jajaran diintasnsinya masing masing, untuk merealisasikan visi dan misi organisasi,” ujar Pontoh.

Pontoh juga menjelaskan, bahwa melihat hasil evalusai SAKIP pemerintah Bolmut dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, memperlihatkan trend peningkatan nilai setiap tahunnya, dimana pada tahun 2017 memperoleh nilai 45,68 dengan predikat C, kemudian tahun 2018 memperoleh nilai 53,38 dengan predikat CC, dan tahun 2019 berhasil memperoleh nilai 60,09 dengan presikat B.

“Saya berharap ini menjadi perhatian kita bersama, agar apa yang diraih saat ini menjadi motivasi kepada kita semua jajaran perangkat daerah, supaya kedepan terus membangun kolektifitas kerja tim. Dengan demikian saya memberi target kepada tim penyusun LKIP kabupaten bolmut, untuk hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 mendatang harus memperoleh predikat BB,” pungkas Pontoh.

Basir