Advertorial

Bahasa dan Tarian Adat Sambut Pjs Gubernur Sulut Saat Kunker di Bolmong

×

Bahasa dan Tarian Adat Sambut Pjs Gubernur Sulut Saat Kunker di Bolmong

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLMONG- Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow
bersama jajaran pemerintahan menyambut langsung kunjungan kerja Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fathoni di Kabupaten Bolmong di Rumah Dinas Bupati, Lolak, Kamis, (03/11/20).

PKS Gubernur disambut dengan tarian Adat Tuitan dantari Kabela sebagai bentuk penghormatan orang Mongondow terhadap tamu yang datang berkunjung.

Sebagai Pemerintah Daerah dan mewakili masyarakat Bolaang Mongondow Bupati Yasti dalam sambutannya menyampaikan, di kesempatan yang penuh bahagia ini, izinkan saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Bolaang Mongondow kepada penjabat sementara Gubernur Sulut, yang saya sapa dalam bahasa adat Mongondow, Niondon Dega’ Komintan. “Niondon Dega,” ungkap Bupati.

Lanjutnya, Kabupaten Bolmong adalah salah satu kabupaten yang merupakan daerah induk dari daerah pemekaran kabupaten-kota yang ada di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Kabupaten Bolmong memiliki luas wilayah 4.083 kilometer persegi, atau 30 persen luas wilayah Provinsi Sulut yang terdiri dari 15 kecamatan, 2 kelurahan serta 200 desa, dengan jumlah penduduk sampai dengan akhir tahun 2019 mencapai 250.783 jiwa.

Dengan mempunyai basic dalam pengembangan dan kemajuan daerah, sekaligus berpengalaman di bidang pengelolaan keuangan kedatangan Pjs Gubernur Sulut, Yasti menilai sangat bermanfaat sebap kita bisa mengadopsi ilmu tersebut untuk kemajuan daerah kita.

“Dengan mengadopsi ilmu yang dimiliki PJs Gubernur, pengembangan, kemajuan daerah dalam hal pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan baik,” ungkap Yasti.

Lanjut Bupati, selama 72 hari menjabat Pjs Gubernur Sulut, Pemkab Bolmong menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas kerja keras dan dedikasinya selama menjadi Pjs.

“Pemerintah dan masyarakat bolmong menitip harapan yang besar kepada Bapak Agus Fathoni, untuk bersama-sama dengan Ketua DPD RI, berkenan mendorong dan memperjuangkan aspirasi kami, serta memprioritaskan wilayah BMR sebagai daerah otonom baru sebagai provinsi jika Presiden telah mencabut pemberlakuan moratorium pemekaran daerah, karena aspirasi dan harapan ini sudah lama kami cita-citakan,” ungkap Bupati.

Ditempat yang sama, pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fhatoni mengaku senang bisa berkunjung dan bersilahturhami dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Bolmong serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama. Di hadapan para pejabat dan para ASN, Agus juga mengingatkan para pejabat dan para ASN untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya dalam bekerja ASN harus memegang prinsip yakni Kopetensi, Komitmen, Kekompakan, Loyalitas, Totalitas/maksimal dan Militansi atau punya energi yang datang dari dalam diri.

“3 tipe manusia. Yakni, orang terbaik, orang baik atau cerdas intelektual dan orang bernasib baik atau mempunyai jiwa sosial, spritual,moral dan intelektual.
Serta mengingatkan tipe-tipe orang. Yakni Tukang gosip, tukang protes dan, orang yang suka mencari solusi.

“Tipe orang paling dibawah adalah tukang gosip, jadi kalau ingin menjadi orang besar tak perlu menjelek-jelekkan orang lain, cukup perbesar lampu kita jangan matikan lampu orang lain,”

Advetorial.