AdvertorialBoltim

Boltim 7 Kali Raih Opini WTP dari BPK RI

×

Boltim 7 Kali Raih Opini WTP dari BPK RI

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow timur (Boltim) terima Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Utara, Senin (11/05).

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019 Serentak oleh BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara untuk Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. 

Bupati dan Ketua DPRD

Kegiatan yang diselenggarakan via daring dengan aplikasi Zoom ini, diikuti oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dan Pimpinan DPRD se-Provinsi Sulawesi Utara, serta Kepala Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara.

“Seluruh entitas di Provinsi Sulawesi Utara ini telah menyerahkan LKPD an Audited tepat waktu tanggal 12 Maret 2020 setelah dilakukan pemeriksaan intern selama 30 hari”, kata Karyadi Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara mengawali sambutannya.


Ia menyampaikan bahwa BPK selalu berkomitmen dalam bekerja untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Sulawesi Utara. Dirinya berharap setelah LHP atas LKPD diserahkan, dapat segera ditindaklanjuti dan dipergunakan sebagai bahan evaluasi bagi eksekutif dan DPRD yang berperan sebagai fungsi kontrol.


LHP BPK merupakan dokumen publik sehingga ia mempersilahkan dipergunakan dan diinformasikan ke publik sehingga manfaat hasil pemeriksaan BPK dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2019 oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 14 Pemerintah Kab/Kota memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).
Bagi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur opini WTP tahun ini adalah yang ke 7 kali berturut turut.

Sedangkan 1 Kabupaten yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow memperoleh opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) setelah sebelumnya pada Tahun Anggaran 2018 lalu memperoleh opini TMP (Tidak Memberikan Pendapat). Dengan demikian perolehan opini atas LKPD tahun 2019 mengalami peningkatan.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dalam sambutan penutup mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran karena LKPD Tahun Anggaran 2019 se-Provinsi Sulawesi Utara selesai tepat waktu.

Ia kembali menambahkan hasil pemeriksaan BPK sudah sangat memuaskan bagi 15 Kab/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara. Ia berharap agar tahun depan semua Kab/Kota memperoleh peringkat WTP. Selain itu ia juga berharap Pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam sistem keuangan pemerintah.


Setelah acara pengumumuman dan penyerahan opini selesai, Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar, SH menginstruksikan kepada sekretaris daerah dan inspektur daerah beserta jajaran agar segera menindaklanjuti temuan SPI dan temuan Kepatuhan sesuai dengan waktu yang telah diberikan.


Seperti pada tahun tahun sebelumnya, Sehan Landjar selalu menyampaikan kepada segenap jajaran Pemerintah Daerah bahwa opini WTP bukankanlah suatu prestasi akan tetapi adalah suatu kewajiban Pemerintah dari pusat sampai daerah untuk mewujudkannya.

Acara tersebut dihadiri oleh bupati dan wakil bupati, ketua dan wakil ketua DPRD, sekretaris daerah, asisten dan seluruh kepala OPD kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Advertorial