Boltim

Hadir di Acara Tulude, Amalia Dapat Gelar Sangihe

×

Hadir di Acara Tulude, Amalia Dapat Gelar Sangihe

Sebarkan artikel ini

SATUBMR, BOLTIM- Amalia Ramadhan S. Landjar, SKM mendapat gelar kehormatan dari tokoh komunitas adat Nusa Utara yang ada di Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Amalia yang turut hadir pada acara Pesta Adat Tulude yang berlangsung Sabtu (1/2/20) di Desa Jiko Belanga dalam kapasitas sebagai tokoh generasi muda dan selaku Ketua Komite Nasional Pemuda Indoinesia (KNPI) Boltim mendapat gelar ‘Sangiang’.

Sangiang adalah gelar adat dari Nusa Utara, yakni Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro. Putri Sangiang sendiri menurut bahasa adat dapat dimaknai sebagai putri raja dan ratu yang terpilih dan terkasihi.

Dalam sambutan atas pemberian gelar Sangiang pada dirinya, Amalia menyampaikan rasa haru dan ucapan terimakasih yang sangat besar.

‘’Tidak menyangka atas kehormatan yang berikan kepada saya sebagai putri yang dikasihi atau terkasih, terpilih sesuai makna yang dikandung. Saya menyampaikan bahwa apabila mengetahui akan mendapat gelar adat tentu akan berpakaian yang sesuai, jadi saya minta maaf,’’ tutur Amalia.

Amalia juga memberikan motivasi kepada kaum millenial yang ada di Jiko Belanga bahwa anak muda juga bisa berbuat yang terbaik untuk daerah terutama di desa sendiri.

‘’Untuk itu kita hilangkan stigma anak mudah hanya menjadi beban karena kaum muda adalah pemilik dan penerus masa depan bangsa,’’ imbuh Amalia.

Fik