Bolmut Dua Kali Diguncang Gempa

SATUBMR, BOROKO – Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Bolaang Mongondow Utara pada Senin Pukul 02.45 dini hari. Dari hasil pemutakhiran BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 1,01 LU dan 123,19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 km arah Barat Laut pada kedalaman 47 km.

Menurut BMKG Gorontalo, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Sulawesi.

Baca Juga:   BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Sulawesi

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (Strike Slip).

Lokasi Gempa 5,3 SR di Bolmut. Sumber BMKG

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Bonebolango IV MMI dan Gorontalo III-IV MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” tukas, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.

Baca Juga:   Peringatan Tsunami Berakhir, BMKG: 59 Kali Gempa Susulan

Hingga hari Senin, 8 April 2019, pukul 03.45.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, gempa bumi juga mengguncang daerah ini pada Minggu 7 April 2019 pukul 17.21 WITA dengan kekuatan 3.2 SR  dengan lokasi 4 KM Utara PINOGU-GORONTALO, Kedlmn:10 Km. Meski demikian, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Editor: Supardi Bado

Related Articles

Close