DPRD Respon Langkah Pemda Wajibkan Produk Lokal di Alfamart dan Indomaret

SATUBMR,BOLMUT – Sebagai upaya bentuk nyata Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), mewajibkan kepada semua jenis usaha seperti Alfamart, Indomaret dan lainnya yang memiliki izin dari pemerintah memajang produk-produk lokal daerah.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, kepada sejumlah wartawan Kamis (27/2/2019). Menurut Wabup izin usaha yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah merupakan salah satu program pendapatan asli daerah, baik dibidang usaha seperti, alfamart, indomart dan sejenisnya dengan mewajibkan usaha tersebut memajang produk-produk lokal, seperti kopi mania, kerajinan tangan dan lainnya hasil kreasi masyarakat Bolmut.

Alasan pemerintah mewajibkan semua usaha yang memiliki izin dari pemerintah daerah untuk memajang produk-produk lokal agar masyarakat mendapatkan keuntungan yang lebih dari program pemerintah. Selain pemerintah daerah mendapatkan PAD masyarakat juga akan ikut mendapatkan peningkatan ekonomi lewat produk-produk yang akan di pajang nantinya,” kata Amin Lasena.

Baca Juga:   Besok, Pelantikan 20 Anggota DPRD Bolmut Terpilih

Lebih lanjut, secepatnya pemda akan melayangkan surat kepada pihak-pihak usaha lewat dinas terkait dengan tujuan untuk membolehkan produk-produk masyarakat di pajang, bukan hanya produk makanan atau minuman, namun kerajinan pun harus wajib di pajang.

“Pajangan produk-produk lokal yang nantinya akan dilaksanakan tersebut, merupakan kewajiban bagi setiap usaha. Ketika ini tidak diindahkan, maka secara otomatis pihaknya akan mengkroscek kembali usaha tersebut, jika tidak memiliki efek peningkatan ekonomi kepada masyarakat,” tutur Lasena.

Baca Juga:   Ambarak: Kami akan Turun Lapangan

Terpisah, menanggapi hal tersebut Personil Komisi III Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Reba R Pontoh mengatakan, pihaknya merespon baik langkah Pemda dalam memajang produk-produk lokal yang berasal dari kerajinan tangan masyarakat Bolmut.

“Program-program yang langsung memiliki efek ekonomi terhadap masyarakat, baik dari segi pembangunan infrastruktur, maupun dari segi pelayanan, termasuk lewat pengembangan ekonomi kreatif masyarakat yang mampu bersaing dengan daerah lain. Masyarakat bolmut harus terus melakukan kreatif didalam peningkatan ekonomi lewat program ini,” pinta Reba Pontoh politisi Gerindra Bolmut ini

Basir

Related Articles

Close