KotamobaguTerkini

Sulut Diguncang Gempa 5,6 SR, Terasa di Kotamobagu

×

Sulut Diguncang Gempa 5,6 SR, Terasa di Kotamobagu

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,KOTAMOBAGU– Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang daerah Sulawesi Utara, pada Sabtu (13/10/2018) pukul 12.34 WITA.

Berdasarkan situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Titik gempa berada di 38 KM tenggara Bitung Sulut dengan kedalaman 97 KM. Gempa ini disebutkantidak berpotensi tsunami.

Gempa ini dirasakan oleh warga Kotamobagu. Pengunjung toko Liquid Fashion di kawasan pusat Kota Kotamobagu mengaku merasakan gempa ini beberapa saat.

“Iya tadi gempa, tapi tidak terlalu kuat, “ujar Mba Muna, penjual es di depan toko Liquid.

Gempabumi Laut Maluku ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi menengah, akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku, dan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar berupa sesar oblique naik (oblique thrust).

“Hingga pukul 12.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar┬áKepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.

 

Tim