HukrimTerkini

Sindikat Pencuri di PT Conch Terungkap, Kerugian Rp3 Milyar

×

Sindikat Pencuri di PT Conch Terungkap, Kerugian Rp3 Milyar

Sebarkan artikel ini
AKBP Gani Siaahaan bersama jajaran saat konferensi pers di Mapolres, Rabu (05/09/2018) F Jhay

SATUBMR, KOTAMOBAGU, – Pihak Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow, (Bolmong), berhasil menangkap 41 tersangka pelaku pencurian kabel milik PT Conch di Desa Solog, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow. Dari 41 tersangka, polisi mengamankan kabel tembaga. Total kerugian berjumlah Rp3 Milyar.

Kapolres Bolmong, AKBP Gani Fernando Siahaan, SIK MH, mengatakan, proses pencurian dilakukan berulang-ulang dari bulan Juni sampai Agustus 2018. Komplotan pencuri terbagi tiga kelompok yang dikendalikan oleh GA yang memiliki 11 anggota, Kelompok NH jumlah anggota 16 orang dan YT memiliki 13 orang anggota.

Para tesangka melakukan pencurian di malam hari atau subuh saat sekuriti tidak berjaga. Kabel yang dicuri berada ditanah dan sebagian berada dipinggir pantai, lokasi PT Coch.

“Aksi ini diketahui oleh sekuriti saat enam orang tersangka sedang memotong dan mengupas kabel tembaga. Dari enam orang ini, kami mengembangkan, dan terungkap semua, termasuk seorang sekuriti perusahaan,”ujar Gani,Rabu (05/09/2018).

Polres sudah mengamankan enam karung tembaga, satu gergaji besi dan delapan pisau cutter serta mobil jenis Xenia, 1 Unit.

Menurut pengakuan para tersangka, tembaga tersebut akan dijual di Manado atau Surabaya. :”Kami masih akan mengembangkan jalur penjualan kabel tembaga tersebut,”ujar Kapolres saat konferensi pers di Mapolres.

Menariknya, kelompok pencuri ini tidak saling mengenal, tapi saat berada di lokasi, mereka saling membantu, saat melakukan aksi pencurian di lokasi PT Coch,

Para tersangka terancam Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Kabel tembaga ini memiliki harga fantastis, per kilo dibanderol harga Rp70 ribu. Lokasi terbuka dan mudah, membuat kawanan pencuri yang berasal dari oknum warga sekitar perusahaan, dengan mudah melakukan pencurian.

Kabel tembaga tersebut, adalah milik PT Conch, perusahaan asal Cina yang bergerak dibidang semen. Kabel ini akan digunakan oleh perusahaan untuk operasional mesin dan sebagainya. Tapi sayang, sebelum digunakan, telah dipotong dan dicuri oleh kawanan pencuri.

 

Jhay Yambat

 

Respon (1)

  1. Great paintings! That is the type of information that are meant to be shared across the internet. Disgrace on the search engines for now not positioning this put up upper! Come on over and consult with my site . Thanks =)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *