BolmongTerkini

Peringati HUT RI, SJB Gelar Lomba Fotografi

×

Peringati HUT RI, SJB Gelar Lomba Fotografi

Sebarkan artikel ini
Lomba yang akan dilaksanakan oleh SJB

SATUBMR, BOLMONG – Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, berbagai kegiatan dilakukan oleh warga, termasuk jurnalis yang berhimpun di Sahabat Jurnalis Bolaang Mongondow (SJB), akan menggelar lomba fotografi.

Sebagai bentuk profesionalisme, SJB mengundang juri andal Sulawesi Utara untuk menilai hasil fotografi yang akan dilombakan. SJB menghadirkan fotografer sekaligus jurnalis kompas.com, Rony Adolof Buol, Cherrish Harriette (Mantan Jurnalis CNN), dan  Joshua Andriano (Enterpreneur/fotografer).

Lomba ini akan digelar 9 hingga 13 Agustus 2018 ini mengangkat tema ‘Potensi Wisata Bolaang Mongondow’. Hadiahnya cukup prestisius, sehingga dipastikan banyak pecinta fotografi akan mengikuti lomba ini.

Cipta Molanu selaku Ketua Panitia kegiatan ini mengatakan, lomba foto berlaku untuk warga negara Indonesia yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Lomba tidak dipungut biaya. Untuk kriteria objek foto harus menggambarkan keindahan alam yang mampu dijadikan potensi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Penggambaran dapat dilihat dari berbagai aspek seperti kebudayaan, sejarah, fasislitas, modernisasi, kehidupan sosial dan lainnya tapi tidak meninggalkan objek keindahan alam,” ujar Cipta.

“Untuk itu, fotografer dituntut kreatif dan inovatif dalam menampilkan karyanya, yang tidak hanya memiliki nilai artistik tetapi juga mampu mengangkat potensi-potensi daerah yang ada,” kata Cipta.

Koordinator lomba foto, Mathox Kadullah menjelaskan, karya foto yang dilombakan bebas dari berbagai jenis kamera digital. Kecuali, kamera inframerah dan false colour. Karya dibuat dalam softcopy yang sudah diformat dengan ukuran 381 x 205 milimeter JPG/JPEG (12R), dengan resolusi minimal 300 dpi.

“Karya foto harus diisertai judul, file asli, dan nama. Contoh, Pesona Pulau Tiga – IMG_7840 – Imran Asiaw. Juga dilarang menambahkan menambahkan tulisan atau gambar apapun dalam karya foto yang dilombakan,” Kata Mathox yang juga wartawan media online ini.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah, foto harus sesuai dengan tema. Karya yang tidak sesuai dengan tema lansung didiskualifikasi,” katanya mathox tegas.

Bagi warga yang ingin mengikuti lomba ini, panitia membuka pendaftaran via pesan whatsapp di 08114355210, dengan mencantumkan nama lengkap. Bagi peserta yang mendaftar, diwajibkan mengikuti Technical Meeting, Rabu (08/08/2018), pukul 16.00 Wita, di Jalan Cendana Nomor 9, Kelurahan Mogolaing, Kota Kotamobagu (Kompleks Kantor PU Kimpraswil).

Pemenang lomba, akan diumumkan pada malam puncak peringatan HUT RI ke 73, di Kantor Bupati Bolmong. Lomba ini memperebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah, trophy dan sertifikat. Selain lomba foto, SJB juga menggelar lomba futsal antar instansi di lingkup Pemkab Bolmong.


 

Ris Mokodompit

Respon (1)

  1. Can I simply say what a relief to seek out somebody who really knows what theyre speaking about on the internet. You undoubtedly know the right way to bring an issue to light and make it important. Extra folks have to read this and perceive this side of the story. I cant believe youre not more widespread since you positively have the gift.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *